Home  /  Berita  /  Umum

Sambut Imlek, Klenteng See Hin Kiong Pasang 210 Lampion

Sambut Imlek, Klenteng See Hin Kiong Pasang 210 Lampion
Keindahan Klenteng See Hin Kiong Ketika Dihiasi Ratusan Lampion
Minggu, 24 Januari 2016 10:15 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Klenteng See Hin Kiong yang berlokasi di kawasan Pondok, Kota Padang dihiasi sebanyak 210 lampion sebagai salah satu persiapan menyambut dan merayakan Tahun Imlek 2567 yang diperingati 8 Februari mendatang.

"Pemasangan lampion ini merupakan penerangan saat sembahyang dan bermakna penerangan nasib," kata Iswanto Kwara, salah satu warga keturunan Tionghoa yang juga panitia kegiatan pemasangan lampion di Klenteng See Hin Kiong.

Lampion dipasang di halaman klenteng untuk menyambut setiap orang yang datang bersembahyang. Warna merah dan kuning keemasan yang mendominasi ruangan klenteng seperti aksesoris imlek, lampion dan lilin melambangkan kebahagiaan perayaan Imlek.

Dikatakan Iswanto, sesuai tradisi pemasangan lampion dilaksanakan 15 hari sebelum dan sesudah perayaan imlek. Menariknya, sebanyak 210 lampion itu nantinya akan diberi nama masing-masing warga dan dan apa yang akan diniatkan untuk penerangan nasib.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya juga melakukan kegiatan bersih-bersih ruangan untuk menghilangkan debu dari pembakaran dupa di seluruh bagian klenteng itu. Dirinya menambahkan, umat klenteng yang datang bersembahyang tidak hanya dari Padang tetapi juga dari daerah lain seperti Bukittinggi, Payakumbuh dan bahkan Sibolga.

Diapun berharap Tahun Baru Imlek membawa berkah dan kebahagiaan bagi setiap keluarga agar selalu sejahtera, damai dan makmur. "Imlek tahun ini hendak diberi berkah." tegas Iswanto.

Iswanto menyatakan sudah saatnya Pemko Padang melalui Dinas Pariwisata mengoptimalkan Klenteng See Hin Kiong sebagai salah satu pusat wisata religius. Keyakinannya dilihat dari tingginya animo masyarakat mengunjungi klenteng ini untuk wisata sekaligus foto bersama keluarga dan orang terdekat.

"Sejalan dengan keinginan Pemko Padang menjadikan kawasan Kota Tua, Klenteng See Hin Kiong hendaknya masuk dalam program Kawasan Wisata Terpadu. Sebab, keberadaan klenteng mampu menarik minat pengunjung wisata religius," Iswanto Kwara mengakiri. (agb)

Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/