Home  /  Berita  /  GoNews Group

Beroperasi 24 Jam, PPIH Siapkan Bus Shalawat Antar Jemaah dari Hotel ke Masjidil Haram PP

Beroperasi 24 Jam, PPIH Siapkan Bus Shalawat Antar Jemaah dari Hotel ke Masjidil Haram PP
Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan, PPIH Daker Mekkah, Edayanti Dasril. (Foto: Kemenag)
Senin, 05 Juni 2023 02:32 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy

MAKKAH - Dalam upaya memudahkan jemaah dalam menjalani ibadah haji dan umrah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan layanan bus shalawat yang beroperasi selama 24 jam.

Bus-bus tersebut akan mengantar jemaah dari hotel-hotel di Makkah menuju Masjidil Haram dan kembali ke hotel mereka.

"Kami telah menyiapkan lima rute bus shalawat di Makkah, sesuai dengan wilayah hotel jemaah. Terdapat tiga terminal yang akan digunakan, yaitu: Syib Amir, Bab Ali, dan Jiad," terang Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan, PPIH Daker Mekkah, Edayanti Dasril, dalam keterangan persnya di Media Center Haji (MCH) Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Rute-rute yang disediakan adalah sebagai berikut: pertama, Mahbas Jin - Bab Ali. Rute ini merupakan rute bersama yang dapat digunakan oleh jemaah dari berbagai negara. Kedua, rute Syisyah - Syib Amir. Ketiga, rute Raudhah - Syieb Amir. Keempat, rute Jarwal - Syieb Amir. Kelima, rute Misfalah - Jiad," lanjut Edayanti.

Edayanti juga menjelaskan bahwa setiap bus akan dipasangi stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan jemaah mengenali rute yang mereka tuju. Stiker tersebut akan berisi informasi mengenai rute, nomor rute, dan warna rute.

"Format stiker ini kami buat agar jemaah dapat dengan mudah mengenali bus yang akan mereka naiki. Jika ada jemaah yang tidak dapat membaca tulisan rute, mereka dapat mengingat nomor atau warna stiker tersebut," jelasnya.

"Tahun ini, bus-bus shalawat yang melayani jemaah di Mekkah memiliki warna hijau dan kuning. Oleh karena itu, kami mengharapkan jemaah dapat mengenali dengan baik bus shalawat yang akan mereka naiki," tambah Edayanti.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga tanggal 4 Juni 2023, pukul 24.00 WIB, tercatat sebanyak 66.273 jemaah dan petugas telah tiba di Kota Madinah, yang terdiri dari 173 kelompok terbang.

"Hari ini, sebanyak 6.214 jemaah atau 16 kloter diberangkatkan dari Madinah ke Makkah untuk melaksanakan umrah," ungkap Edayanti.

Dengan adanya layanan bus shalawat yang beroperasi selama 24 jam ini, diharapkan jemaah dapat menjalani ibadah dengan lebih lancar dan nyaman.

PPIH terus berupaya memberikan fasilitas terbaik kepada jemaah agar mereka dapat fokus dan khusyuk dalam menjalankan ibadah haji dan umrah mereka di Tanah Suci. Dengan dukungan transportasi yang andal dan efisien, jemaah dapat mengoptimalkan waktu mereka di Masjidil Haram untuk beribadah dengan khidmat.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/