Home  /  Berita  /  Olahraga

Tindaklanjuti Arahan Presiden, Menpora Amali Bersama Menteri PUPR Tinjau Stadion Kanjuruhan

Tindaklanjuti Arahan Presiden, Menpora Amali Bersama Menteri PUPR Tinjau Stadion Kanjuruhan
Menpora Amali bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. (Foto: Humas Kemenpora)
Kamis, 13 Oktober 2022 17:50 WIB
Penulis: Azhari Nasution

MALANG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi. Keduanya meninjau Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10/2022).

Menpora Amali bersama rombongan tiba di Stadion Kanjuruhan sekitar pukul 09.33 WIB. Kemudian menuju Holding Room VVIP untuk berbincang dan berkoordinasi. Sekitar 58 menit kemudian rombongan masuk ke dalam stadion dan melihat secara langsung Gate 13 yang menjadi salah satu titik saat tragedi Kanjuruhan (1/10) lalu.

"Saya hari ini mendampingi Menteri PUPR Pak Basuki kembali lagi kesini, dan tentu tugas kami dalam rangka arahan dan perintah langsung dari Bapak Presiden," kata Menpora Amali saat jumpa pers usai tinjau Stadion Kanjuruhan.

Menurut Menpora Amali, Presiden Joko Widodo memberikan perintah langsung kepada Menteri PUPR pasca tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu.

"Bapak Presiden memberikan perintah langsung kepada Menteri PUPR untuk melakukan audit stadion-stadion yang digunakan untuk pertandingan atau kompetisi profesional di tanah air," tutur Menpora Amali.

"Dan khusus untuk Kanjuruhan ini ada perintah lebih lanjut lagi yang akan disampaikan oleh Pak Menteri PUPR. Jadi, sekali lagi kedatangan kami kali ini dalam rangka melihat kondisi stadion dan juga apa yang akan dilakukan selanjutnya," tambah Menpora Amali.

Dikesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan audit stadion-stadion yang digunakan untuk kompetisi profesional atas arahan Presiden Jokowi.

"Kami turut berbela sungkawa atas korban Stadion Kanjuruhan ini. Benar yang disampaikan Pak Menpora tadi, bahwa Presiden memerintah kami untuk dilakukan audit tekhnis, evaluasi teknis tentang Kanjuruhan ini dan stadion-stadion lain yang digunakan untuk Liga 1,2 dan 3 yang memiliki banyak supporter," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/