Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Zendaya Buka Peluang Kembali ke Dunia Musik dengan Lagu Baru
Umum
22 jam yang lalu
Zendaya Buka Peluang Kembali ke Dunia Musik dengan Lagu Baru
2
Witan Sulaeman: Kami Hadapi Lawan Bagus
Olahraga
22 jam yang lalu
Witan Sulaeman: Kami Hadapi Lawan Bagus
3
Shin Tae-yong: Gaya Meyerang dan Bertahan Uzbekistan Sama Baiknya
Olahraga
22 jam yang lalu
Shin Tae-yong: Gaya Meyerang dan Bertahan Uzbekistan Sama Baiknya
4
Salma Hayek Gabung Madonna Hadirkan Budaya Meksiko dalam Tour Terakhir
Umum
22 jam yang lalu
Salma Hayek Gabung Madonna Hadirkan Budaya Meksiko dalam Tour Terakhir
5
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
Olahraga
2 jam yang lalu
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Peristiwa

Museum Syekh Sulaiman "Inyiak Canduang" Arasuli Segera Diresmikan

Museum Syekh Sulaiman Inyiak Canduang Arasuli Segera Diresmikan
Makam Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli (antara/alfatah)
Selasa, 17 Mei 2022 04:06 WIB
BUKITTINGGI - Museum Syekh Sulaiman Arrasuli yang lebih dikenal di Sumatera Barat dengan nama Inyiak Canduang direncanakan segera diresmikan akhir Mei ini. Peresmian juga menjadi salah satu pendukung penasbihannya menjadi Pahlawan Nasional.

Salah seorang perwakilan keluarga Arrasuli, Rita Noor Arrasuli mengatakan bahwa peresmian museum juga untuk literasi bagi generasi muda untuk mengenal dan menggali nilai sejarah terutama yang berkaitan dengan perjuangan Syekh Sulaiman Arrasuli.

"Dengan berdirinya Museum Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli, maka lengkap sudah semua persyaratan pengusulan beliau untuk memperoleh gelar Pahlawan Nasional dari Pemerintah Pusat Negara Republik Indonesia," kata Rita Noor di Bukittinggi, Senin (16/5/2022).

Menurutnya, Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli (1871-1970) merupakan pejuang dan pemersatu Bangsa, ia adalah seorang tokoh pendidik dan Ulama Besar Sumatera Barat yang layak menerima penghargaan sebagai Pahlawan Nasional pada bulan November 2022 yang akan datang.

Selain syarat fisik berupa bangunan museum beserta isinya yang meninggalkan banyak sejarah perjuangan beliau, syarat lain pun sudah terpenuhi dengan lengkap, baik dokumen-dokumen penghargaan, SK2 maupun foto-foto beliau dimasa penjajahan dan pemerintahan Presiden Soekarno.

"Setidaknya nama Besar beliau sudah diabadikan menjadi nama jalan di 4 kabupaten kota di Sumatera Barat, yaitu di Bukittinggi, Canduang, Padang Panjang dan Lubuak Basuang, juga nama beliau telah lekat menjadi nama sebuah Balai Budaya di Lasi Balai Gurah," kata dia.

Ia mengatakan melalui Museum Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli ini, akan terpatri didalam benak siapa saja yang pernah mendengar dan berkunjung ke Museum, bahwa di negeri ini pernah lahir seorang pejuang dan Ulama besar yang dengan total mendedikasikan seluruh hidupnya untuk kepentingan Rakyat Sumatera Barat dan Rakyat Indonesia secara umum.

"Agar menjadi masyarakat yang cerdas dengan peradaban yang jauh lebih maju menuju masyarakat moderen namun tetap berpegang teguh kepada kaidah dan hukum kehidupan yang berlaku sebagai Umat Muslim yang tak lepas dari Sunnah Rasulullah Muhammad," ujarnya.

Pengajaran lain yang tak pernah lepas dari petuah Inyiak Canduang menurutnya adalah, Hormati yang Tua, sayangi yang muda, teman seribu masih kurang namun musuh satu terlalu banyak.

"Dari semua petuah itu dapat dirasakan bahwa prioritas hidup yang beliau kehendaki dari kita adalah terus menjaga Hablum minannas, Hablum Minallah," katanya.

Ia menambahkan, Museum Inyiak Canduang Syekh Sulaiman Arrasuli ini akan terus dibenahi dan diharapkan masuk dalam materi pembelajaran sejarah bagi para pelajar di Indonesia, dan akan menjadi sebuah destinasi wisata edukasi religi dan sejarah.

Peresmian Museum yang berlokasi di Simpang Gadung Buya, Jl. Syekh Sulaiman Arrasuli Jorong Lubuak Aua Nagari Candung Koto Laweh Kecamatan Candung Kabupaten Agam itu juga bakal dihadiri sejumlah pejabat seperti Pangdan Aceh, Danrem dan Polda Sumbar, Pemerintah daerah serta sejumlah tokoh nasional dan daerah. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Peristiwa, Sumatera Barat, Bukittinggi, Agam
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/