Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Rizky Akan Terus Jaga Performa Menuju Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
24 jam yang lalu
Rizky Akan Terus Jaga Performa Menuju Olimpiade 2024 Paris
2
Dewi Sandra Soroti Pentingnya Produk Halal di Brave Beauty Summit Qatar
Umum
22 jam yang lalu
Dewi Sandra Soroti Pentingnya Produk Halal di Brave Beauty Summit Qatar
3
Kembali Hadir Selepas Pandemi Covid-19, Titan Run 2024 Siap Manjakan Para Runner
Olahraga
20 jam yang lalu
Kembali Hadir Selepas Pandemi Covid-19, Titan Run 2024 Siap Manjakan Para Runner
4
Catherine Wilson Fokus pada Kesehatan dan Karier di Tengah Proses Perceraian
Umum
22 jam yang lalu
Catherine Wilson Fokus pada Kesehatan dan Karier di Tengah Proses Perceraian
5
Shin Tae-yong Panggil 22 Pemain untuk Laga Lawan Irak dan Filipina
Sepakbola
4 jam yang lalu
Shin Tae-yong Panggil 22 Pemain untuk Laga Lawan Irak dan Filipina
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Olahraga

Timnas Bola Basket U-18 Bertekad Berikan Yang Terbaik di FIBA World Cup U-18

Timnas Bola Basket U-18 Bertekad Berikan Yang Terbaik di FIBA World Cup U-18
Timnas Bola Basket Indonesia sedang jalani latihan. (Dok. PP Perbasi)
Sabtu, 21 Agustus 2021 18:11 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia putera dan puteri U-18 akan bertolak ke Hungaria pada Minggu (22/8/2021) malam. Di sana, para patriot bangsa ini akan berjuang di FIBA World Cup U-18.

Untuk Timnas Putera U-18 akan bersaing dengan Brazil, Ukraina, Kazakhstan, dan Prancis di pool A. Sedangkan Timnas Puteri U-18 akan bertarung melawan Jerman, Israel, dan Latvia di pool C. Di pool ini seharusnya ada Srilanka tapi belakangan mundur karena ada yang terpapar Covid 19.

Salah satu penggawa Timnas Bola Basket putera U-18 Rafael Pasha mengatakan, saat ini kondisi tim sudah sangat siap bertanding sejak latihan di GMC Cirebon 8 Agustus lalu. Dia bersama rekannya akan berikan yang terbaik demi Bangsa Indonesia di Hungaria nanti.

"Sejak 8 Agustus kami telah mempersiapkan yang terbaik untuk membela nama Indonesia, walaupun dengan waktu yang sangat sempit pelatih mampu memberikan materi-materi dan sistem permainan yang dapat digunakan kami semua sebagai satu kesatuan dan materi penguatan fisik yang baik," terang Pasha.

Terkait persaingan di Grup A, Pasha mengaku, Prancis merupakan salah satu tim unggulan. Namun juga tetap tidak bisa meremehkan kekuatan dari Brazil, Kazakhstan, dan Ukraina. Mereka merupakan negara mumpuni dalam 3x3. "Akan tetapi kami juga yakin bahwa dengan usaha yang maksimal kami bisa memanfaatkan peluang dengan baik di dalam grup A," tukasnya.

Dari Timnas Bola Basket Puteri U-18, Margareth Marcel Janna mengaku akan berusaha sebaik mungkin dan berusaha maksimal di ajang nanti. Sebab, kesempatan langka bisa membela nama negara di kancah internasional. Baginya, persaingan di Grup C di FIBA World Cup ini sangat ketat. Ini menyusul adanya tim-tim yang bagus (Jerman dan Latvia). Namun kehadiran mereka tidak akan mengundurkan semangat tanding. Sebaliknya situasi ini akan dimanfaatkan untuk memberikan permainan terbaik.

"Saya yakin tim saya akan melakukan yang terbaik dan apapun hasilnya kita harus tetap berjuang," tegasnya.

Penanggung Jawab Timnas Bola Basket U-18 Lie Wen mengaku sangat bersyukur dalam perjuangan kali ini mendapat dukungan dari sponsor seperti Bank BTN, Nuraga, Hoops Indonesia, JNE Express, Stayhoops, Makan ku, dan Travel Wifi. Dukungan ini diharapkan bisa menjadi penyemangat para pemain berjuang di Hungaria nanti. Sekalipun, melihat rivalitas di ajang ini pihaknya tidak mematok target muluk. Mengingat, perjalanan mereka masih panjang.

"Saya pribadi tidak ingin memberikan beban bagi mereka, terlebih ini adalah level world cup, dengan memiliki kesempatan melawan pemain terbaik dari seluruh peserta negara-negara di dunia. Saya ingin mereka berusaha sekerasnya, bermain tanpa rasa takut dan tanpa rasa minder, serta dapat menunjukan bahwa atlet-atlet Indonesia adalah sekumpulan pejuang yang berusaha membanggakan bangsanya," terang Lie Wen.

Namun demikian dia mengakui bahwa even sebesar FIBA World Cup sangat penting diikuti. Bergengsi. "World cup adalah level yang sangat tinggi, dan kesempatan yang kita dapatkan pastinya akan sangat berharga terutama untuk pemain, saya berharap dengan bisa ikut berkompetisi di level world cup, wawasan dan pengalaman mereka dengan olahraga bola basket semakin luas dan semakin baik untuk masa depan karir mereka, dan untuk masa depan bolabasket Indonesia," jelasnya seraya berharap hasil tes PCR semua pemain negatif sehingga mulus terbang ke Hungaria.

Sementara Wakil Ketua PP Perbasi Bidang Pembinaan dan Prestasi George F. Dendeng mengatakan, PP Perbasi sangat bersyukur di tengah kondisi pandemi saat ini mempunyai kesempatan untuk tampil di 3x3 World Cup U-18 di Debrecen, Hungary. Sekalipun banyak sekali tantangan ketika membentuk tim ini.

Mulai dari terhentinya banyak kompetisi, Pemain yang ada dalam daftar scouting kita banyak yang tidak memiliki passport sesuai ketentuan FIBA dan lain sebagainya. "Tapi kami bersyukur 4 pemain putra dan putri yang terpilih adalah nama-nama yang paling tepat untuk mewakili Indonesia di 3x3 World Cup U-18. Saya sudah meninjau langsung ke Cirebon kemarin, anak-anak menunjukkan semangat dan kerja kerasnya karena mereka sadar lawan-lawan di Hungaria nanti tidak mudah," jelas George.

Di FIBA World Cup U-18 ini, Timnas Bola Basket U-18 puteri diperkuat Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margareth Rachel Janna. Mereka dipimpin Kepala Bidang Kepelatihan PP Perbasi Taufik Saleh sebagai team delegate.

Kemudian untuk Timnas Bola Basket U-18 Putera dipimpin Syafiq Ali Mubarak dengan pemain Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad. Perjuangan mereka bisa diikuti melalui youtube channel fiba 3x3. Selama persiapan, kedua timnas ini sudah berlatih sejak 8 Agustus 2021 di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat.

"Para pemain harus memanfaatkan momentum ini untuk menunjukkan kemampuan terbaik. Ini kesempatan langka, jadi jangan main-main. Saya berharap tim ini dipertahankan sampai beberapa tahun sehingga terbentuk tim yang lebih tangguh di 3x3 ke depannya," tukas Ketum PP Perbasi Danny Kosasih. 

Jadwal Timnas Bola Basket FIBA World Cup U -18

Putera di Pool A : 

24 Agustus 2021

14.00 WIB v Brazil

15.40 WIB v Ukraina

26 Agustus 2021

12.05 WIB v Prancis

14.55 WIB v Kazakhstan

Puteri di Pool C :

25 Agustus 2021

20.40 WIB v Jerman

27 Agustus 2021

18.00 WIB v Israel

19.15 WIB v Latvia. ***

Kategori:Olahraga
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/