Home  /  Berita  /  Peristiwa

Malam Perpisahaan Purna Paskibraka 2021, Menpora: Hindari Hal Negatif dan Jauhi Narkoba

Malam Perpisahaan Purna Paskibraka 2021, Menpora: Hindari Hal Negatif dan Jauhi Narkoba
Menpora Amali pada acara Malam Perpisahan Purna Paskibraka 2021. (Dok. Kemenpora)
Jum'at, 20 Agustus 2021 21:45 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Menpora Zainudin Amali mewanti-wanti Purna Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Paskibraka 2021 untuk menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh dan jangan menyimpang. Apalagi, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Purna (Paskibraka) 2021 menjadi Duta Pancasila.

"Jangan sampai di antara kalian berprilaku menyimpang dari apa yang didapat dari diklat dan tugas yang diemban oleh kalian dari Presiden Jokowi. Hindari hal-hal yang bersifat negatif dalam kehidupan sehari-hari dan jauhi narkoba," kata Menpora Amali pada malam perpisahan Purna Paskibraka Nasional 2021 di GOR POPKI Jakarta Timur, Jumat (20/8/2021) malam.

"Kami bangga telah melatih, membina, membimbing kalian, maka timbal baliknya adalah bagaimana kalian menjaga harkat dan martabat diri kalian masing-masing," pungkas Menpora Amali yang disanggupi oleh para Purna Paskibraka 2021 dengan nada lantang dan semangat.

Selain itu, Menpora Amali juga berpesan kepada para Purna Paskibraka 2021 untuk tetap membawa marwah paskibraka dalam kehidupan masing-masing, lantaran mereka adalah orang-orang terpilih dari masing-masing Provinsi dari seluruh Indonesia.

"Saya ingin berpesan, kalian sudah dipercaya oleh Provinsi masing-masing, berarti kalian adalah orang-orang pilihan. Saya berpesan, tunjukkan bahwa tidak salah kalian mewakili Provinsi masing-masing, dengan demikian, maka harus menjaga prilaku, menerapkan dalam kehidupan sehari-hari apa yang sudah didapatkan pada diklat kemarin," tuturnya.

Acara pelepasan Purna Paskibraka ke daerah masing-masing ini merupakan yang pertama kali dilakukan Menpora. Dalam pelepasan itu, Amali mengucapkan terima kasih kepada 68 peserta Purna Paskibraka dari seluruh Indonesia yang sudah menjalani diklat di Cibubur dan tidak ada hal yang membuat diklat itu terganggu.

Menurut Menpora Amali, kesuksesan diklat itu lantaran peserta diklat mematuhi semua arahan pelatih dan pembina dangen sungguh-sungguh.  Imbas dari kesungguh-sungguhan dalam menjalankan diklat itu, lanjut Menpora Amali, adalah kesuksesan menjalankan tugas tepat di hari HUT RI ke-76 di Istana Negara.

"Terima kasih saya ucapkan, kalian sudah melaksanakan tugas dengan baik dan sempurna pada tanggal 17 Agustus lalu, baik dalam upacara kenaikan bendera Merah Putih di HUT RI ke-76 pada pagi hari maupun upacara penurunan bendera pada sore harinya di Istana Negara," kata Menpora Amali.

"Terus terang, mungkin di antara yang nonton, saya termasuk yang deg-degan, kalau sebelum-sebelumnya saat normal, saya tidak begitu terlalu stres, karena saat ini suasana sedang pandemi, kalian berlatih di tengah pandemi terlebih harus memperhatikan prokes namun Alhamdulillah, kalian semua bisa melakukan itu semua dengan baik," tambahnya.
Sebelumnya, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Asrorun Ni’am Sholeh, menyucap syukur di mana seluruh rangkaian Paskibraka dari 25 Juli hingga saat ini diberikan kelancaran. 

Ia juga menyebutkan, setelah Paskibraka 2021 menjalankan tugas upacara di HUT RI ke 76 di Isnatan Merdeka, ada beberapa kegiatan yang diikuti oleh mereka, yakni melakukan kunjungan virtual dengan Mabes TNI, Mabes POLRI, direksi bank BRI dan Mandiri, hingga bertemu dengan beberapa media penyiaran, yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya.

Namun Asrorun Ni’am mengimbau kepada Purna Paskibraka 2021, untuk tetap menjaga silaturahim, meski melalui media sosial. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/