Home  /  Berita  /  Ekonomi

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Wagub Sumbar Instruksikan Bupati dan Walikota Percepat Proyek di Daerah

Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Wagub Sumbar Instruksikan Bupati dan Walikota Percepat Proyek di Daerah
Wagub Sumbar Nasrul Abit memukul gong dibukanya seminar kebijakan fiskal. (Foto: Calva/GoSumbar)
Kamis, 17 Maret 2016 11:12 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Wakil Gubernur Sumbar H. Nasrul Abit, menginstruksikan kepada seluruh bupati dan walikota di Sumbar untuk mempercepat pelaksanaan proyek-proyek pembanguan di daerah masing-masing. Tujuannya untuk membuka lapangan kerja, membuat peredaran uang semakin banyak dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumbar.

Penegasan ini disampaikan Wakil Gubernur Sumbar H. Nasrul Abit ketika membuka Seminar Nasional Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi Terkini yang dilaksanakan Kementrian Keuangan RI di salah satu hotel di Kota Padang, Kamisn(17/3/2016).

Disebutkan Wagub, untuk percepatan proyek-proyek pembangunan, Pemprov meminta seluruh LPSE yang ada di kabuten kota segera melaksanakan proses tender sehingga pengerjaan proyek-proyek fisik bisa dilaksanakan. Begitu juga dengan pengadaan barang dan jasa, juga harus segera dilaksanakan.

"Pengerjaan proyek fisik jelas akan meninhgkatkan daya serap tenaga kerja. Sedangkan pengadaan barang akan memperbanyak uang beredar di tengah masyarakat dan ekonomi akan bergeliat tumbuh," ujar Wagub.

Wagub juga menyebutkan, untuk tahun 2016 ini, Pemprov Sumbar menargetkan pertumbuhan ekonomi di Sumbar sebanyak 5,8 persen. "Ini target yang dibuat sesuai dengan kondisi daerah yang masih banyak tergantung pada pemerintah pusat," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumbar Supriyo dalam sambutannya, memang menyorot soal percepatan proyek-proyek pembangunan di daerah. Tujuannya, untuk penyerapan tenaga kerja yang akan berpengaruh kepada pertumbuhan ekonomi di Sumbar.

"Pencairan dana proyek di daerah juga bisa membuat kestabilan tingkat inflasi di daerah disamping mendukung pertumbuhan ekonomi," katanya.

Seminar ini sendiri dihadiri para ekonom, kepala daerah se-sumbar, dan pelaku ekonomi di Sumbar. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/