Home  /  Berita  /  Pendidikan

Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Anak Sekolah Bawa Obor ke Jam Gadang

Peringati Tahun Baru Islam, Ratusan Anak Sekolah Bawa Obor ke Jam Gadang
Tausiah agama di kawasan pedestrian Jam Gadang Bukittinggi sambut tahun baru 1 Muharam 1437 Hijriah, (14/10/2015)
Kamis, 15 Oktober 2015 11:39 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Diterangi cahaya obor, ratusan anak berseragam sekolah di Kota Bukittinggi mengikuti pawai obor dalam peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriah, Rabu 14 Oktober 2015 malam

Tidak hanya anak sekolah, dalam barisan pawai itu juga tampak sejumlah seniman, musisi, mahasiswa, cawako serta beberapa anggota dari sejumlah komunitas di Kota Bukittinggi.

Dalam pawai itu, peserta berjalan kaki dari Lapangan Kantin Jalan Sudirman, menuju kawasan Jam Gadang, dengan jarak hampir mencapai satu kilometer. Di sepanjang jalan, terdengar teriakan takbir yang sahut menyahut.

Ketika tiba di pelataran Jam Gadang, peserta yang duduk melantai diberikan tausiah oleh sejumlah ulama tentang makna tahun baru Hijriyah.

Tak hanya itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan dzikir bersama, agar bangsa Indonesia bisa lebih baik ke depannya, serta selalu mendapat ampunan dari Allah SWT.

Kegiatan yang melibatkan berbagai kelompok masyarakat ini baru pertama kali dilakukan di Kota Bukittinggi, karena sebelumnya pemerintah hanya melibatkan anak sekolah.

Ketua Persatuan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bukittinggi, Khamidir Tuanku Nan Elok mengatakan, “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan tiap tahunnya. Bersama ini kami juga ingin mengajak berbagai komunitas untuk berpartisipasi aktif dalam momentum keagamaan seperti ini, serperti yang telah digagas oleh Dewan Kesenian Bukittinggi saat ini, kita agendakan beberapa komunitas lainnya untuk ikut bersama dalam setiap kegiatan pawai, terutama menyambut hari raya Idul Fitri dan Idul Adha,”ujarnya.(**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/