Home  /  Berita  /  Olahraga

Pengprov IKASI Jatim Ikuti Komitmen Amir Yanto Tingkatkan Prestasi Anggar Indonesia

Pengprov IKASI Jatim Ikuti Komitmen Amir Yanto Tingkatkan Prestasi Anggar Indonesia
Ketua Umum PB IKASI Amir Yanto saat melantik pengyrus Pengprov IKASI Jawa Timur pimpinan Roy Singh, (Dok. PB IKASI)
Minggu, 31 Maret 2024 20:55 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) DR Amir Yanto melantik Pengurus Provinsi IKASI Jawa Timur (Jatim) di Kantor Gubernur Jawa Timur Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (30/3/2024).

Ketua Pengprov IKASI Jatim, Roy Singh menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan pembinaan anggar dalam upaya melahirkan fencer-fencer berkualitas yang berpretasi di ajang nasional dan internasional.

"Saya itu terinspirasi dengan komitmen Pak Amir Yanto dalam menjalankan program pembinaan anggar Indonesia. Makanya, saya akan mengikuti jejak Pak Amir dan berusaha semaksimal mungkin mencetak fencer-fencer dari Jawa Timur yang mampu berprestasi di ajang nasional dan internasional," kata Ray Singh yang mengaku bangga langsung dilantik Amir Yanto yang juga Kepala Badan Pemulihan Aset Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI).

"Terus terang, saya salut dengan Pak Amir Yanto yang mengutamakan kepentingan atllet. Itu bisa dilihat dimana setiap kejuaraan seluruh atlet diperkenankan tampil," tambahnya.

Menurut Roy Singh, Pengrov IKASI Jatim akan bekerja sama dengan Pengkab/Pengkot IKASI di Jawa Timur dalam meningkatkan kualitas wasit dan pelatih. "Saya akan melibatkan seluruh Pengkab/Pengkot IKASI dan juga kub-klub anggar dalam membangun prestasi anggar Jawa Timur. Kebersamaan itu sangat penting," jelasnya. 

Amir Yanto sendiri dalam sambutannya meminta pengurus Pengprov IKASI Jawa Timur agar memperhatikan kepentingan atlet dan juga menggelar berbagai event. Dan, dia juga senang dengan komitmen Pengprov IKASI Jatim dalam menjalankan program pembinaan atlet.

Seperti diketahui,  PB Ikasi pimpinan Amir Yanto komitmen dalam melakukan pembinaan anggar di Tanah Air. Selain mengirimkan atlet pada SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou, Indonesia juga mengirimkan Timnas Anggar Kadet dan Junior Indonesia sukses meraih 5 medali pada Kejuaraan Anggar ASEAN yang bertajuk SEAFF Junior and Cadet Championship 2024. Kelima medali tersebut terdiri dari 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu. 

Tidak hanya itu saja, PB IKASI juga melakukan terobosan dengan menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar 2023 dengan menanggung akomodasi dan tempat penginapan seluruh peserta serta menyediakan hadiah uang pembinaan bagi para juara.

Kejurnas yang digelar di Pusdik Adhyaksa Jakarta Timur, 20-21 Desember 2023 tersebut sebagai ajang untuk menjaring fencer (sebutan atlet anggar) potensial yang akan dipersiapkan untuk SEA Games 2025 Thailand.

“Di Kejurnas Anggar 2023 ini banyak muncul fencer potensial. Mereka dijaring untuk dibina dalam pelatnas SEA Games 2025 Thailand,” kata Wakil Ketua Umum PB IKASI, Firtian Judiswandarta.

Firtian Judiswandarta juga mengungkapkan rencana PB IKASI mempersiapkan atlet dan pelatih untuk melakukan Training Camp (TC) di Korea Selatan (Korsel) dari 1-20 April 2024. Kemudian, rencana tampil pada Kejuaraan Dunia Junior di Manama, Bahrain dan Kejuaraan Dunia Anggar dan Kualifikasi Olympic Games Paris di Riyadh, Saudi Arabia, 23- 28 April 2024. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/