Home  /  Berita  /  Nasional

UI Mobile Hadir Fasilitasi Kebutuhan Civitas Akademika UI

UI Mobile Hadir Fasilitasi Kebutuhan Civitas Akademika UI
Direktur Utama (Dirut) UI Mobile, Kurniawan Saktiaji di sela MoU akta pendirian usaha bersama UI Corpora. (Ist)
Senin, 20 November 2023 23:08 WIB
Penulis: Azhari Nasution

DEPOK - Digitalisasi sudah merambah ke segala aspek, termasuk bagi kebutuhan mahasiswa yang jauh dari orangtua. Kehadiran aplikasi Universal Indonesia Mobile (UI Mobile) akan mempermudah mahasiswa baru yang merantau untuk menvari tempat kos-kosan.

Aplikasi ini merupakan sebuah digitalisasi edukasi satu pintu yang tersentralisasi, mulai dari layanan mahasiswa, tenaga pendidik, orang tua mahasiswa, sampai ke tingkat alumni Universitas Indonesia (UI).

"Di aplikasi ini seluruh aspek perkuliahan sampai dengan lifestyle civitas akademika  UI tersedia, bahkan sampai fitur untuk membantu mahasiswa baru mencari kos-kosan. Akan ada data berupa asrama dan blok-blok kosan lengkap dengan gambarnya," ungkap Direktur Utama (Dirut) UI Mobile, Kurniawan Saktiaji di sela MoU akta pendirian usaha bersama UI Corpora yang diwakili Makara Mas dan IDE di kampus UI, Depok, Jawa Barat, Senin (20/11).

Dijelaskannya lagi, fokus utama UI Mobile adalah mengembangkan platform Campus Digital Ecosystem yang mencakup Student Life Cycle Management sampai ke Campus Financial Ecosysem yang mendukung seluruh aspek perkuliahan sampai dengan lifestyle civitas akademika.

"Aplikasi ini juga akan mempermudah mahasiswa mengakses hasil nilai mata kuliahnya, jadwal perkuliahan, pengisian KRS hingga bisa menjadi e-wallet dan media sosial,' imbuh Kurniawan.

Ditambahkan Direktur Bisnis dan Strategi UI Mobile, Destaria Soe’oed, aplikasi yang bisa diakses hingga mahasiswa S-3 UI ini baru pertama ada di UI dan akan mulai diaplikasikan pada akhir tahun ini.

"Kedepannya kita akan juga mulai menjalin kerjasama dengan kampus lain, kita fokuskan di Jabodetabek dulu," ujar Destaria.

Founder IDE Steven Samudera menambahkan, adaptasi dunia pendidikan dengan platform digital tentu akan membawa perubahan signifikan dalam cara interaksi pendidikan.

"Kami, dari IDE dengan bangga menyatakan bahwa kami optimis dengan adanya Student Life Cycle Management kami, yaitu platform UI Mobile ini mampu menjadi langkah strategis mempertahankan bahkan meningkatkan predikat kebanggaan yang sudah ada di pundak UI agar senantiasa melahirkan lulusan berkualitas unggul yang adaptif, inovatif dan cerdas berteknologi,” ujarnya.

Direktur Utama Makara Mas, Putra Abbas, menyebut, pihaknya percaya bahwa kombinasi antara pengetahuan mendalam sebagai bagian dari Universitas Indonesia dan keahlian akan memunculkan inovasi-inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan dunia pendidikan pada khususnya.

"Tujuan kami tidak hanya meningkatkan standar dalam digitalisasi pendidikan tetapi juga untuk memperluas akses masyarakat terhadap pendidikan yang berkualitas dan terjangkau untuk semua,” ujarnya. (Yazid N). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/