Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PSIS Semarang Terus Jaga Asa Tembus 4 Besar
Olahraga
12 jam yang lalu
PSIS Semarang Terus Jaga Asa Tembus 4 Besar
2
Kemenangan Penting Persija dari RANS Nusantara
Olahraga
12 jam yang lalu
Kemenangan Penting Persija dari RANS Nusantara
3
Beri Kesempatan Pemain Minim Bermain, Marcelo Rospide Fokus Strategi Hadapi Persebaya
Olahraga
11 jam yang lalu
Beri Kesempatan Pemain Minim Bermain, Marcelo Rospide Fokus Strategi Hadapi Persebaya
4
Arema FC Fokus Recovery Hadapi Laga Terakhir
Sepakbola
11 jam yang lalu
Arema FC Fokus Recovery Hadapi Laga Terakhir
5
Persebaya Ingin Menang dengan Kebanggaan di Laga Terakhir
Olahraga
11 jam yang lalu
Persebaya Ingin Menang dengan Kebanggaan di Laga Terakhir
6
Aditya dan Novendra Melejit, Temur Kuybakarov Terlempar dari Klasemen Sementara
Olahraga
8 jam yang lalu
Aditya dan Novendra Melejit, Temur Kuybakarov Terlempar dari Klasemen Sementara
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Ekonomi

Kepala BP2MI Bakal Dorong Dana Abadi untuk Keluarga PMI

Kepala BP2MI Bakal Dorong Dana Abadi untuk Keluarga PMI
Kepala BP2MI Benny Rhamdani saat menerima penghargaan Gatra Award 2023. (Ist)
Sabtu, 18 November 2023 08:50 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani berencana akan mengusulkan kepada pemerintah terkait 'dana abadi' untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Benny mengatakan, dana abadi tersebut bisa digunakan oleh para pahlawan devisa untuk kebutuhan pendidikan keluarganya.

"Kita ingin ada jaminan negara bagi dana abadi pendidikan bagi pekerja migran Indonesia agar tidak mengalami keterputusan pendidikan yang ingin menjadi tulang punggung bagi masa depan pendidikan keluarga mereka," kata Benny kepada wartawan usai lembaga yang dia pimpin menerima penghargaan Gatra Award 2023, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani (Hanura) itu menjelaskan, dana abadi tersebut nantinya akan mencakup semua hal. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga pengembangan bisnis milik PMI jika sudah pensiun menjadi PMI.

Menurut Benny, hal tersebut sudah sesuai dengan hasil devisa yang diberikan dari kantong PMI yang setiap tahunnya menyumbangkan sebesar Rp159 triliun kepada negara. Oleh karena itu, lanjut Benny, sudah seharusnya negara dan semua perangkat pemerintah menjamin kesejahteraan bagi PMI.

Mantan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) itu mengatakan, dana abadi tersebut merupakan komitmennya untuk menyejahterakan PMI.

"PMI ini memberikan devisa kepada negara Rp159 terliun setiap tahunnya, sudah seharusnya negara memberikan kesejahteraan bagi PMI, sudah seharusnya negara menyisihkan penghasilan itu menjadi dana abadi," ujar dia.

"Jadi jika ada PMI sakit, meninggal, urusan kesehatan, pendididikan, masa depan mereka dan untuk mengembangkan bisnis mereka ketika tidak kembali lagi bekerja ke luar negeri ini bisa difasilitasi melalui dana abadi itu, itu mimpi saya sebelum berakhir menjabat sebagai Kepala BP2MI," terang dia.

Benny mengatakan, akan terus mendorong dana abadi bagi PMI tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para anggota DPR RI demi kesejahteraan para pahlawan devisa.

"Tentu ini akan kita dorong terus kepada pemangku kepentingan, Pak Presiden dan politisi yang ada di Parlemen, di waktu yang sangat terbatas ini dan tentun menjelang akhir kepemimpinan saya, mudah-mudahan apa yang kita perjuangkan ini bisa direspon positif," tutur dia.

Selain itu, Benny yang menerima langsung Gatra Awards 2023, mempersembahkan penghargaan itu untuk jutaan PMI yang sedang berjuang mengadu nasib di luar negeri.

"Terima kasih kepada Gatra Media Grup, suatu kehormatan dan ini lebih layak diterima oleh 4,8 juta pekerja migran Indonesia yang sedang berada di 67 negara di dunia," ucap Benny.

"Mereka orang-orang hebat untuk dan atas nama kehidupan, masa depan mereka berani meninggalkan orang-orang tercinta di kampung halaman. Mereka berani meninggalkan keluarga dan mereka berani meninggalkan Indonesia," imbuhnya.

Menurut Benny, para PMI merupakan pejuang yang kerap diselimuti pandangan negatif banyak orang, bahwa mereka adalah manusia rendahan. Padahal, kata dia, peran PMI bagi bangsa ini sangatlah besar.

"Mereka sedang berjuang hari ini untuk bagaimana persepsi buruk tentang mereka, yang selalu menganggap mereka orang-orang rendahan, orang yang tersingkirkan dan layak disingkirkan, orang-orang yang selama ini dihinakan," tutur Benny.

"Padahal mereka adalah penyumbang devisa terbesar kedua bagi negara kita Rp159,6 triliun per tahun disumbangkan oleh mereka," sambung Wakil Ketua Umum Hanura.

Dalam kesempatan itu, Benny pun mengajak seluruh pihak untuk memerangi sindikat penempatan ilegal, maupun tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Sebab tindak pidana tersebut sangat merugikan, khususnya terhadap PMI.

"Dalam tiga tahun terakhir saya memimpin BP2MI, 106 ribu (PMI) dideportasi dari negara-negara penempatan, 2.400 yang kembali ke Tanah Air dalam peti jenazah, 2-3 peti jenazah setiap hari kembali ke negara kita. Dalam tiga tahun kembali dalam keadaan sakit, cacat secara fisik, hilang ingatan, depresi ringan, depresi berat," jelas dia.

Benny mengakui, aksi penempatan ilegal maupun TPPO, ialah kejahatan kemanusiaan yang cukup sulit untuk disentuh hukum. Sebab, ada beking-beking dari oknum-oknum yang memiliki kekuasaan.

"Saya ingin menyampaikan republik ini tidak diproklamirkan untuk pejabat negaranya yang disumpah atas nama Tuhan dan agama dan konstitusi negara untuk duduk satu meja bersama dengan mafia dan para sindikat untuk minum kopi dan makan siang bersama," papar Benny.

"Republik ini dimerdekakan untuk memerdekakan anak-anak bangsa dari kemiskinan, kebodohan dan eksploitasi," kata dia.

"Selamat ulang tahun Gatra, mudah-mudahan tetap independen, merdeka, dan menjadi obor dan lilin kegelapan negara kita," imbuh Benny.. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/