Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PSM Makassar dan Borneo FC Resmi Ikuti ASEAN Club Championship
Olahraga
21 jam yang lalu
PSM Makassar dan Borneo FC Resmi Ikuti ASEAN Club Championship
2
Indonesia Gagal Raih Tiket ke Olimpiade 2024 Paris, Shin Tae-yong Kena Kartu Merah
Olahraga
17 jam yang lalu
Indonesia Gagal Raih Tiket ke Olimpiade 2024 Paris, Shin Tae-yong Kena Kartu Merah
3
Gagal ke Olimpiade 2024 Paris, Iwan Bule Tetap Apresiasi Perjuangan Garuda Muda
Olahraga
17 jam yang lalu
Gagal ke Olimpiade 2024 Paris, Iwan Bule Tetap Apresiasi Perjuangan Garuda Muda
4
Erick Thohir, Terima Kasih Garuda Muda,Terima Kasih Indonesia
Olahraga
17 jam yang lalu
Erick Thohir, Terima Kasih Garuda Muda,Terima Kasih Indonesia
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Olahraga

Olympians Indonesia Perlu Bangun Personal Brand di Mata Publik

Olympians Indonesia Perlu Bangun Personal Brand di Mata Publik
Para Olympian yang menjadi peserta FGD. (Dok. IOA)
Jum'at, 06 Oktober 2023 16:54 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA- Asosiasi Olympians Indonesia (IOA) menggelar Focus Group Discussion atau FGD selama dua hari, Rabu-Kamis 4-5 Oktober 2023 yang mendapat bantuan dari Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora melalui Asdep Olahragawan Andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). 

FGD ini digelar sebagai wadah bagi Atlet Olimpiade atau Olympians untuk mendiskusikan berbagai hal yang harus dilakukan mereka saat ini atau atlet yang akan menjalani masa purna bakti.

Salah satu topik yang menonjol adalah masalah personal brand, sebuah identitas atlet yang perlu diperkuat di mata publik.

Masalah ini dipandu oleh pemateri Melia Agustria. Menurut Melia, personal brand perlu dibangun dengan tiga cara, yaitu pertama dengan mencari tahu personal brand yang dimiliki atlet itu apa, kedua memahami audience dan pihak-pihak terkait, serta ketiga membuat wadah untuk personal brand dengan membuat media sosial.

“Melalui media channel yang dibangun, tentu dapat menunjukkan sisi lain dari seorang atlet, selain itu juga menjadi tempat tersendiri bagi atlet untuk bercerita kepada fans base community nya,” kata Melia.

Melia juga berharap kepada IOA sebagai lembaga resmi yang menaungi para Atlet Olimpiade, untuk bisa membangun chanel media sosial sendiri supaya dapat memperkenalkan Olympians kepada masyarakat. “Dengan adanya digital sosial media dapat mempermudah eksistensi para Olympians,” tutur Melia.

Melalui perkembangan dunia digital dan atau sosial media, lanjut dia, juga dapat membantu pertumbuhan followers para Olympians dan membantu fans base community tumbuh secara besar. “Dengan aktifnya atlet dalam membangun personal brand melalui digital media channel, diharapkan nantinya akan mendatangkan sponsorship,” ungkap Melia.

Selain Melia, pemateri yang mengisi FGD adalah Syeni Ratna Amelia yang memaparkan bahasan pada WOA Forum Meeting di Turki 15-16 Oktober 2023. Lalu, Olivia Rosary dan tim yang mengulas soal kerjasama dengan Serius Sportainment. Kemudian, Ling Ling Agustin yang baru datang dari The 11th Athletes' Forum Meetings di Lausanne Swiss, 1-2 Oktober 2023 melaporkan secara rinci apa yang sudah ditangkap "reachout" dari tugas tersebut di atas.

Selain itu, Ketua Komisi Atlet Komite Olimpiade Indonesia Yayuk Basuki yang sekaligus Ketua Umum IOA telah menggandeng pihak Asdep Tenaga Organisasi Keolahragaan dengan melanjutkan kegiatan Public Speaking "Perkuat Performa Olympians" dengan Nara Sumber Caroline Samosir S.Kom.

Selain pembahasan materi, juga ada sesi tanya jawab, informasi yang melibatkan Yayuk Basuki, Anton Suseno, Maman Suryaman dan 41 Olympians yang hadir dalam kegiatan ini.

Pada sesi itu, Yayuk Basuki menyampaikan perlu dibangun National Olympic Academy dan diharapkan para Olympians dapat terlibat di dalamnya. “Karena ini akan menjawab bagaimana Olympians memberikan feedback dan give back positif ke dunia sosial serta Olympians dapat memberikan sosialisasi ke pihak federasi cabor dan sekolah-sekolah mengenai dunia atlet agar dapat menarik minat anak-anak usia muda untuk menjadi atlet nasional dan terutama dapat berkompetisi di ajang Olimpiade,” jelas Yayuk Basuki OLY.

Dengan terselenggaranya FGD ini, IOA menyampaikan terimakasih kepada Kemenpora khususnya Menpora Dito Ariotedjo serta Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Surono dan jajarannya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/