Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Regional Sumatera Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Meriah dan Seru, Terima Kasih Medan!
Olahraga
21 jam yang lalu
Regional Sumatera Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Meriah dan Seru, Terima Kasih Medan!
2
La Paene Masara : Menyedihkan Nasib Tinju Amatir Indonesia
Olahraga
19 jam yang lalu
La Paene Masara : Menyedihkan Nasib Tinju Amatir Indonesia
3
Shin Tae-yong Optimistis Indonesia Tumbangkan Irak
Olahraga
19 jam yang lalu
Shin Tae-yong Optimistis Indonesia Tumbangkan Irak
4
Lawan Irak, Ini Harapan Iwan Bule Jelang Laga Timnas Indonesia
Olahraga
15 jam yang lalu
Lawan Irak, Ini Harapan Iwan Bule Jelang Laga Timnas Indonesia
5
Indonesia Kalah, Gol Jasim Elaibi Paksa Indonesia Terbang ke Paris
Olahraga
10 jam yang lalu
Indonesia Kalah, Gol Jasim Elaibi Paksa Indonesia Terbang ke Paris
6
Persib Bersiap Menyongsong Championship Series
Olahraga
13 jam yang lalu
Persib Bersiap Menyongsong Championship Series
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Di Talk Show Idea Fest 2023, Menpora Dito: Anak Muda Kunci Masa Depan Negara

Di Talk Show Idea Fest 2023, Menpora Dito: Anak Muda Kunci Masa Depan Negara
Menpora Dito saat berbicara di Talk Show Idea Fest 2023. (HUmas Kemenpora)
Sabtu, 30 September 2023 20:33 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) RI Dito Ariotedjo menjadi narasumber dalam talk show Idea Fest 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2023) sore. Dalam gelar wicara bertema "Youth are Game Changers" itu, Menpora menerangkan kenapa anak muda disebut sebagai kunci masa depan.

"Kenapa sih selalu digaungkan bahwa generasi muda, anak muda itu kunci masa depan dari negara kita? Yang pasti karena siklus hidup itu kan pasti ada namanya regenerasi, dan itu suatu hukum alam yang tidak bisa dimungkiri," kata Menpora Dito mengawali pemaparannya.

Karena itu menurut Menpora, generasi muda itu adalah generasi penerus yang harus disiapkan. Apalagi Indonesia akan mengalami bonus demografi di mana struktur dari kependudukan kita mayoritas anak muda. Puncaknya pada 2045 di saat Indonesia merayakan seratus tahun kemerdekaan.

"Jadi angkatan produktif itu akan lebih banyak dari sejak 2030 nantinya. Dan ini yang menyebabkan generasi kita ini akan menjadi penentu arah negara kita. Baik itu dari sektor sosial, politik, dan juga ekonomi," urai Menpora.

Dari pengalamannya sebelum dan sesudah menjadi menteri, Menpora Dito menyimpulkan perkembangan anak-anak muda saat ini tidak terlepas dari pengaruh cara digital mengubah pola pikir. Akses informasi anak-anak muda ini, terutama yang produktif, sangat cepat dalam hal adaptif dan juga transformatifnya.

"Jadi di sektor apapun sekarang sangat cepat. Tetapi ada juga anak-anak muda yang ke arahnya tidak positif. Itu adalah tantangan yang juga harus diambil," sebut Menpora Dito.

"Seperti saya sebagai Menpora, tidak hanya fokus memajukan anak-anak muda di permukaan, tetapi harus merata. Dari daerah-daerah yang urban maupun rural, itu yang harus kita majukan. Apalagi dengan platform-platform digital saat ini, pemerataan bisa lebih cepat, dan juga informasi bisa lebih cepat," terang Menpora.
Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo meninjau event Idea Fest 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9) sore. Kemenpora ikut berkolaborasi dalam festival industri kreatif tersebut melalui Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK).

Setelah menghadiri dua rangkaian gelar acara dalam rangka Soft Launching Logo LPDUK, Menpora lantas berkeliling lokasi Idea Fest 2023. Dimulai dengan meninjau pertandingan olahraga dan olahjiwa bertajuk "Ready, Set, Go" yang turut didukung LPDUK.

Dalam pertandingan yang diikuti para selebritis muda tersebut, Menpora Dito ikut menunjukkan kebolehannya ikut beradu panco dengan salah satu peserta. Hebatnya, duel panco tersebut berhasil dimenangkan Menpora.

Menpora Dito lantas menyaksikan balapan virtual dengan perlengkapan simulator Akademi Digital Motorsport LPDUK Kemenpora. Dalam balapan tersebut, selebritis Raffi Ahmad beradu cepat melawan komedian Dustin Tiffani.

Booth simulator balap mobil LPDUK sendiri banyak diminati para pengunjung Idea Fest. Mereka bergantian mencoba salah satu esports yang tengah digalakkan Kemenpora tersebut.

Selepas itu, Menpora Dito kemudian melihat-lihat Semasa Creative Market, area yang mengumpulkan para pedagang ekonomi kreatif. Produk-produk kreatif mulai dari pakaian, perhiasan, hingga lukisan disajikan di area ini yang dipadati banyak pengunjung.

Puas melihat ragam produk di Creative Market, Menpora beserta rombongan berpindah ke area kuliner. Sebelum akhirnya menjadi narasumber dalam talk show atau gelar wicara Idea Fest.

Dalam pemaparannya di gelar wicara Idea Fest, Menpora Dito merasa bersyukur. Pasalnya setelah tiga belas tahun akhirnya Kemenpora bisa berkolaborasi dengan Idea Fest.

"Alhamdulillah Kemenpora tahun ini punya space besar di Idea Fest di lobi ya. Terima kasih. Inilah yang ingin kami adopsi," tutur Menpora Dito.

"Hari ini Kemenpora sedang berjuang, kami benar-benar putar otak bagaimana seluruh program di Kemenpora ini yang aktivitas pemudanya itu benar-benar relevan dengan anak muda sekarang," beber Menpora. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/