Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
17 jam yang lalu
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
2
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
Olahraga
20 jam yang lalu
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
3
Pompa Semangat Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade, Erick Thohir: Kasih Lihat Kita Bangsa Yang Kuat
Sepakbola
1 jam yang lalu
Pompa Semangat Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade, Erick Thohir: Kasih Lihat Kita Bangsa Yang Kuat
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kemenpora Dorong Mahasiswa Unsoed Jadi Wirausahawan Melalui Program Wira Muda

Kemenpora Dorong Mahasiswa Unsoed Jadi Wirausahawan Melalui Program Wira Muda
Kemenpora bekerjasama dengan Unsoed gelar Kuliah Wira Muda. (Humas Kemenpora)
Senin, 04 September 2023 15:16 WIB
Penulis: Azhari Nasution
PURWOKERTO – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) kembali mengadakan seri kuliah Wira Muda, kali ini bekerja sama dengan Universitas Negeri Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah. Kuliah kewirausahaan yang menjadi progam andalan Kemenpora ini diikuti lebih dari 200 peserta yang hadir secara luring dan daring di Auditorium Lantai 6 Laboratorium Terpadu FEB Unsoed, Purwokerto.

Kuliah yang mengangkat tema "Cucu-cucu Soedirman siap Gerilya jadi Wirausahawan" dibuka oleh Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Hendro Wicaksono. Hendro berharap kuliah kali ini dapat menginspirasi dan mendorong mahasiswa Unsoed untuk menjadi wirausahawan yang berbasis kearifan lokal.

Kuliah Wira Muda program Kemenpora di bawah Deputi Bidang Pengembangan Pemuda. Program ini dilaksanakan oleh Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan pemuda. Program ini bertujuan untuk memberikan perbekalan ilmu Kewirausahaan dan mendorong pemuda untuk berani menjadi wirausahawan. 

Melalui program ini, generasi muda diharapkan dapat berubah cara berpikirnya, dari yang sebelumnya mencari pekerjaan, menjadi menciptakan lapangan kerja. Salah satu indikator kemajuan suatu negara dapat dilihat dari seberapa banyak pengusaha yang ada dalam struktur sosialnya. Semakin banyak jumlah pengusaha, maka semakin maju dan stabil pula negara tersebut.

“Saat ini, pemuda di Indonesia berjumlah 24 persen dari total penduduk di Indonesia. Dan, menjadi wirausaha adalah pilihan yang tepat untuk setiap pemuda menjadi sukses dan dapat berkontribusi untuk kemajuan perekonomian Indonesia. Hal ini sesuai dengan harapan Menpora RI, Mas Dito Ariotedjo, agar wira muda terus tumbuh, terutama di kampus-kampus yang memiliki potensi sangat besar untuk menjadi wirausahawan,” tutur Hendro.

Untuk melanjutkan upaya yang telah dilakukan dalam mendorong wirausahawan muda, Hendro menambahkan bahwa saat ini Kemenpora, bekerja sama dengan Kemendikbud, akan menyelenggarakan program Wira Muda Academy. Program ini akan mendorong mahasiswa untuk magang dan mendapatkan berbagai pelatihan mengenai digital entrepreneurship. 

Rektor Universitas Jenderal Soedirman Akhmad Sodiq, dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora atas kerja sama dan terlaksananya kuliah Wira Muda di Unsoed. Akhmad juga mengingatkan pentingnya IPTEK dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. “IPTEK dan teknologi adalah roda penggerak supaya usaha yang dirintis bisa berjalan dan sukses’, tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Vice President PT. Pegadaian Area Purwokerto M. Aries Aviani,  Founder Paras Ayu Indonesia & Managing Director Casa Royal Group Henrikus Setya Adi Pratama, Owner Praketa Coffee & Creative Hub Indra Purnama Aji, dan Koordinator Pusat Inkubator Bisnis LPPM Unsoed, Taufik Budhi Pramono. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/