Home  /  Berita  /  Olahraga
SEA Games 2023 Kamboja

Ami Catat Peraih Emas Perra¹ma Indonesia, Manajer Timnas Sebut Luar Biasa Support Tm CdM

Ami Catat Peraih Emas Perra¹ma Indonesia, Manajer Timnas Sebut Luar Biasa Support Tm CdM
Rahif Amilla Yaqi, peraih medali emas pertama kontingen Indonssia di SEA Games 2023 Kamboja. (NOC Indonesia)
Sabtu, 06 Mei 2023 13:06 WIB
Penulis: Azhari Nasution

PNOM PENH - Atlet triathlon putra andalanan, Rahif Amilla Yaqin tercatat sebagai penyumbang medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja. Dalam perlombaan yamg berlangsung di Kepp Town Beach, Kamboja, Sabtu (6/5/2023), Ami, panggilan akrabnya, mencatat waktu tercepat pada nomor aquatlon putra dengan total waktu 14 menit 28 detik.

Dia berhasil finis terdepan setelah berenang sejauh 500 meter dengan catatan waktu 5 menit 24 detik dan kemudian berlari sejauh 2,5 km dengan catatan waktu 8 menit 11 detik. Medali perak direbut Andrew Kim Abay Remolino dari Filipina dengan waktu 15 menit 07 detik, dan perunggu diraih oleh Brice Sheng Cher Chong dengan catatan waktu 15 menit 39 detik.

Selain medali emas, Triathlon juga menyumbangkan medali perunggu melalui Dea Salsabila Putri pada nomor aquatlon putri. "Bersyukur hari ini Indonesia telah meraih medali emas pertama melalui Rashif Amila Yaqin pada nomor Men Aquathlon Elite dan mendapat tambahan 1 medali perunggu dari Dea Salsabila Putri di nomor Women Aquathlon," ujar Manajer Timnas Triathlon Indonesia, Dika Chrisna Irzandi.

Keberhasilan Ami yang tercatat sebagai atlet Jawa Barat ini dan Dea, kata Dika, tidak terlepas dari persiapan matang dalam pemusatan latihan nasional dan kedatangan lebih awal ke Kamboja untuk melakukan aklimatisasi. Selain itu, dia juga menyebut, support dari Tim Chef de Mission (CdM) terutama Manager Cluster Kepp dan Kampot, Rafif Rizqullah yang menyiapkan fasilitas luar biasa selama menjalani persiapan lomba di Kamboja.

"Ya, kita memang men-support penuh seluruh kebutuhan atlet sehingga mereka bisa fokus dalam lomba. Itu sesuai dengan tugas yang diberikan Pak CdM Lexyndo Hakim dan Pak Deputi 2 CdM, Ibnu Riza Pradipto. Alhamdulillah hari ini, Rahif dan Dea telah menyumbangkan 1 medali emas dan 1 perunggu bagi Kontingen Merah Putih. Kita berharap dua hari ke depan ada tambahan medali emas," timpal Cluster Manager Kepp dan Kampot, Rafif Rizqullah yang mengaku senang menjadi bagian dari Kontingen Indonesia.

GoSumbar.com Rafif Rizqullah (kiri) bersama
Rafif Rizqullah (kiri) bersama Ibnu Risa Pradipto (Kanan). (NOC Indonesia)

Timnas Triatlon Indonesia masih memiliki dua hari perlombaan di SEA Games 2023, di mana Ami juga akan turun pada nomor triatlon putra yang akan berlangsung pada Senin (8/5/2023). Dika mengatakan bahwa mereka menargetkan dua medali emas pada nomor aquatlon dan triatlon dari Ami pada SEA Games 2023.

Selain itu, pada hari Minggu, atlet dari nomor duatlon atau dwilomba Indonesia akan berlaga, termasuk Jauhari Johan dan Sedilta Pilon Nubatonis pada sektor putra dan Maharani Azhri Wahyuningtyas dan Zahra Bulan Aprillia Putri pada sektor putri.
Sehari berikutnya, Ami dan Aloysius Reckyardo Mardian akan bersaing pada nomor triatlon putra, sedangkan Renata Berliana Aditya dan Zahra Bulan Aprillia Putri akan bertanding pada sektor putri.

Dika memohon doa agar timnya dapat meraih medali emas pada dua hari perlombaan yang tersisa, dan berterima kasih atas dukungan seluruh masyarakat Indonesia. "Kami mohon doa karena masih ada dua hari lagi yang akan melombakan duatlon dan triaton. Semoga emas dapat kami raih pada dua hari ke depan," pungkas Dika. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/