Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dulu Pekerja Keras, Kini Mobil Daihatsu TAFT Reborn jadi Tampil Imut

Dulu Pekerja Keras, Kini Mobil Daihatsu TAFT Reborn jadi Tampil Imut
Penampakan Mobil Daihatsu TAFT Reborn. (Foto; Istimewa)
Kamis, 02 Maret 2023 17:43 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy

JAKARTA - Daihatsu Taft merupakan merek mobil dari Daihatsu bertipe mini SUV. Mobil yang sudah hadir sejak tahun 1974 sampai dengan 1984 ini cukup banyak menghiasi jalanan di Indonesia.

Daihatsu Taft ini pun juga dipasarkan di negara lain dengan berbagai nama, antara lain Wildcat, Scat atau Daihatsu Rugger. Setelah cukup lama kini, hadir varian terbaru dari Daihatsu Taft yang hadir dengan penampilan baru. Selain itu sosok dari Daihatsu Taft baru ini pun sangat berbeda dari generasi sebelumnya.

Memiliki nama Daihatsu Taft Reborn, penampilannya jauh lebih modern. Mobil ini pun diluncurkan pada sejak 10 Juni 2020 di Jepang kemarin. Mobil ini pun masuk ke dalam mobil kei car.

Bagi Anda yang sebelumnya memiliki Daihatsu Taft versi lama, tentu akan sangat pangling dengan penampilan Daihatsu Taft Reborn yang sangat jauh berbeda. Daihatsu Taft Reborn ini dibangun dari platform terbaru Daihatsu yaitu DNGA yang mengedepankan sisi detail dan harga yang terjangkau.

Di Jepang, mobil ini menjadi mobil kei car yang menyasar segala usia konsumen untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Bukan hanya menyasar segmen pecinta mobil SUV saja.

Buat para pencinta off-road, harusnya enggak asing sama jip legendaris Daihatsu Taft yang punya sebutan si pekerja keras karena andal dan tahan banting. Kini Daihatsu Taft sudah tidak dipasarkan lagi di Indonesia, tapi di Jepang ada mobil baru yang sama-sama bernama TAFT tapi punya bentuk lebih imut dan kompak.

SUV mungil yang masuk dalam kategori Kei Car ini punya dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.630 mm. Adapun untuk jantung pacunya dibekali mesin berkapasitas 660 cc 3-silinder yang dikawinkan dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Daihatsu TAFT Reborn di Negeri Sakura tersebut tersedia dalam dua pilihan penggerak roda, yaitu 2WD dan 4WD. Melihat bagian eksteriornya, Daihatsu TAFT yang merupakan akronim dari 'Tough and Almighty Fun Toll' ini punya desain serba mengotak.

Sisi kiri dan kanan bodinya terlihat sudah dilengkapi over fender plastik berwarna hitam, sementara pada bagian depan dan belakangnya juga terpasang skidplate sliver khas off-road.

Masuk ke bagian interior, desain mengotak juga masih terasa di kabinnya. Terlihat sebuah head unit yang ditanam di tengah dasbor, lanjut ke bawah ada pengatur AC digital yang berdampinan dengan tuas transmisi.

Lalu kursi penumpang bagian depan terdapat sebuah kompartemen unik yang mirip seperti anak tangga, bisa digunakan menyimpan barang bawaan penumpang. Tak ketinggalan, SUV mungil ini juga sudah dilengkapi sunroof dan telah menjadi standar.

Melihat dari spesifikasi dan dimensinya, banyak pengamat otomotif yang mengaitkannya sebagai calon penantang Suzuki Jimny yang juga ada veris Kei Car-nya di Jepang. Mengutip dari halaman resmi Daihastu Jepang, TAFT 2020 tersedia dalam tiga pilhan varian yaitu X, G, dan yang tertinggi G Turbo.

Daihatsu TAFT Reborn Varian X yang merupakan versi termurahnya dijual seharga 1.353.000 Yen atau setara Rp 154,5 jutaan untuk versi 2WD dan 1.441.000 Yen atau Rp 164,4 jutaan pada penggerak 4WD. (kurs 1 Yen = Rp 114,23 per 18 Desember 2022)

Selanjutnya ada Daihatsu TAFT varian G yang dibanderol 1.485.000 Yen atau setara Rp 169 jutaan jutaan (2WD) dan 1.511.000 Yen atau Rp 172 jutaan (4WD). Sebagai mobil baru, Daihatsu Taft belum memiliki unit bekasnya di pasaran. Sedangkan untuk mobil baru dari Daihatsu Taft ini ditawarkan dengan harga mulai Rp160 juta hingga Rp200 jutaan.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/