Home  /  Berita  /  Olahraga

Dr Budi Ariyanto Muslim Siap Aplikasikan Disertasi di Kemenpora

Dr Budi Ariyanto Muslim Siap Aplikasikan Disertasi di Kemenpora
Dr. Budi Ariyanto Muslim. (Istimewa)
Kamis, 19 Januari 2023 20:46 WIB
Penulis: Azhari Nasution

JAKARTA - Perasaan was-was menyelimuti Plt Asdep Olahraga Pendidikan (Ordik) Deputi III, Budi Ariyanto Muslim saat menjalani ujian terbuka Program Doktor Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Apalagi, Prof Dr. Zainudin Amali SE, Msi yang menjabat Menpora sekaligus atasannya sebagai penguji eksternal dalam disertasinya yang berjudul Evaluasi Program Pembinaan Sekolah Sepakbola (SSB) Piala Menpora U-12 tahun 2019 di Aula Sidang Lt. 5 Gedung Bung Hatta, Pascasarjana UNJ, Kamis (19/1/2023).

"Saya sih sempat was-was tidak bisa dengan baik mempresentasikan disertasi. Begitu juga tidak menduga pak Menpora Amali hadir menjadi penguji eksternal. Tetapi, saya merasa terhormat dan bersyukur bisa menjalankan semuanya dengan baik," kata Dr Budi Ariyanto Muslim saat ditemui usai ujian.

Tidak hanya itu, Budi, panggilan akrabnya, merasa bangga Menpora Amali memberikan apresiasi disertasi yang dipresentasikannya. Seperti menyingung data base serta tata kelola yang menjadi hal sangat penting untuk pengelolaan organisasi, bukan hanya sepakbola, namun organisasi lain, kemudian konsentrasi terhadap pembinaan usia dini.
Begitu juga saat Menteri asal partai Golkar itu menyampaikan pesan jika ke depannya presentasi untuk meraih gelar Doktor itu harus diaplikasikan hingga ada lanjutan pengimplementasian.

"Siap, Pak Profesor. Insya Allah setelah ini ada penyempurnaan dari beberapa fitur berdasaarkan masukan dari dosen-dosen pembimbing untuk dimasukkan dalam aplikasi itu, kemudian akan saya serahkan untuk dapat dimanfaatkan Kemenpora. Nanti ke depannya, siapapun yang menggunakannya silahkan, terutama untuk komunitas sepakbola," ujar Budi Ariyanto Muslim menjawab pesan tersebut.

"Dengan adanya data ini, kita tidak akan kehilangan data pemain dan terus terpantau ketika dia berprestasi pada level selanjutnya," tambahnya.

GoSumbar.com

Budi juga mengungkapkan hal yang melatarbelakangi disertasinya terkait data base SSB dari tahun 2015 hingga 2019 yakni adanya liga berjenjang Liga Sepakbola Piala Menpora U-12 dan sistem pembinaan yang masih bisa dikategorikan belum sempurna.

"Pembinaan persepakbolaan saat ini bisa dikatakan masih belum sempurna. Maju atau tidaknya suatu cabang olahraga apapun, yang utama adalah tata kelola atau manajemen dari organisasi itu sendiri. Apabila manajemen organisasinya sudah baik, maka di sana akan terlihat program pembinaannya seperti apa, terencana, terstruktur dan bekelanjutan," ucapnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/