Home  /  Berita  /  Peristiwa

Jika Keluar dari AFF, Timnas Indonesia Bisa Gabung ke Federasi Korsel atau Uzbekisten

Jika Keluar dari AFF, Timnas Indonesia Bisa Gabung ke Federasi Korsel atau Uzbekisten
Skuad Timnas Indonesia U-19. (foto: Istimewa)
Senin, 11 Juli 2022 23:50 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mendapat dorongan dari netizen untuk keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF). Dalam pandangan netizen, sepakbola di Asia Tenggara tidak sehat seperti banyaknya isu match fixing dan regulasi yang tak jelas.

Terbaru, Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19 disebut-sebut bermain main mata di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu 10 Juli 2022 malam WIB. Kedua tim secara kasat mata tidak bermain ngotot ketika skor sudah sama kuat 1-1, yang mana sudah meloloskan mereka ke semifinal Piala AFF U-19 2022 sekaligus meninggalkan Timnas Indonesia U-19 di fase grup.

"Sudah saatnya Indonesia keluar dari AFF. Ya sudah ketara banget sih AFF itu emang sarangnya mafia. Enggak heran kalau Indonesia kalah di final. Yang pegang Indonesia itu banyak dan bandar ga mau rugi," tulis akun Twitter TegarRuel.

Akun Instagram pojoktimnas.id malah membuat polling. Ia mendorong Timnas Indonesia untuk keluar dari AFF. "VOTE PETISI POLLING KLIK TAUTAN YANG ADA DI STORY KAMI DAN DI BANTU SHARE,” tulis akun pojoktimnas.id.

Jika PSSI mengabulkan permintaan netizen yakni meninggalkan AFF, akankah PSSI masih bertahan di zona Asia atau pindah Konfederasi seperti yang dilakukan Australia, yakni pindah dari Zona Oseania (OFC) ke Zona Asia (AFC)?

Andai PSSI masih mau bertahan di Asia, setidaknya ada empat federasi di bawah naungan AFC yang dapat mereka ikuti. Sebut saja CAFA (zona Asia Tengah), EAFF (zona Asia Timur), SAFF (zona Asia Selatan) dan WAFF (zona Asia Barat).

Saat ini, AFF bersama WAFF merupakan federasi dengan jumlah anggota terbanyak yakni 12 tim. Zona Asia Tengah atau CAFA merupakan federasi dengan jumlah tim terdikit.

Di sana hanya terdapat Iran, Afghanistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kirgizstan dan Uzbekistan. Meski terhitung sedikit, tim-tim di atas masuk kategori mumpuni.

Namun, jika bicara geografis, Timnas Indonesia bisa ikut dengan EAFF atau zona Asia Timur. Di sana terdapat Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, Kepulauan Mariana Utara, Mongolia, Makau, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Hong Kong dan Guam.

Namun, hal-hal di atas hanya hitung-hitungan di atas kertas. PSSI sendiri masih enggan berbicara banyak soal dugaan adanya sepakbola gajah di Piala AFF U-19 2022, sehingga membuat mereka dituntut netizen meninggalkan AFF.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/