Home  /  Berita  /  Kesehatan

Aman, Loka POM Payakumbuh Nyatakan tak Temukan Bahan Berbahaya dari 54 Sampel Takjil

Aman, Loka POM Payakumbuh Nyatakan tak Temukan Bahan Berbahaya dari 54 Sampel Takjil
Takjil Ramadhan. (net)
Jum'at, 15 April 2022 04:25 WIB
PAYAKUMBUH – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat hingga saat ini belum menemukan bahan kimia berbahaya dari 54 sampel takjil yang telah diperiksa.

Kepala Loka POM di Payakumbuh, Iswadi, Kamis (14/4/2022) mengatakan, bahwa pengecekan yang dilakukan pihaknya tidak lain untuk menjamin makanan yang dijual oleh pedagang aman untuk dikonsumsi.

"Kita telah memeriksa sampel takjil semenjak awal Ramadhan 1443 H. Sehingga kalau kita temukan kita langsung bisa mengambil langkah," kata dia.

Hal ini, katanya, merupakan upaya untuk mengantisipasi sehingga makanan tersebut tidak terlanjur dinikmati oleh masyarakat.

Ia mengatakan bahwa 54 sampel takjil tersebut tersebar di empat wilayah kerja Loka POM di Kota Payakumbuh yakni di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi, dan Kabupaten Agam.

"Jadi dari sampel yang kita periksa itu tidak kita temukan bahan-bahan berbahaya seperti Boraks, Formalin, Rhodamin B, dan Methanil Yellow," ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa sampel takjil yang diperiksa diambil dari pedagang yang berjualan di beberapa lokasi usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Kita memeriksa cendol, tahu, roti dan lain-lain. Alhamdulillah belum ada yang kita temukan memiliki zat atau bahan berbahaya," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa makanan yang mengandung zat berbahaya tersebut akan berbahaya bagi tubuh manusia jika dikonsumsi secara terus menerus.

"Saya juga meminta agar seluruh pedagang untuk tidak menggunakan bahan-bahan atau zat berbahaya. Pilihlah bahan-bahan yang tidak berbahaya dan memiliki izin dan terdaftar," ujarnya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Kesehatan, Sumatera Barat, Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/