Home  /  Berita  /  Umum

Kota Solok Terpilih Sebagai Tuan Rumah Kharisma Event Nusantara 2022

Kota Solok Terpilih Sebagai Tuan Rumah Kharisma Event Nusantara 2022
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Kota Solok (antara/laila syafarud)
Kamis, 14 April 2022 11:00 WIB
SOLOK – Kota Solok, Sumatera Barat terpilih menjadi tuan rumah Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 sebagai upaya membangkitkan geliat kegiatan di daerah yang akan digelar pada bulan September mendatang.

"Kami atas nama pemerintah Kota Solok dengan bangga menyampaikan bahwa kota kecil ini terpilih sebagai salah satu tuan rumah KEN 2022 melalui kegiatan Rang Solok Baralek Gadang (orang Solok gelar pesta besar)," kata Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Rabu (13/4/2022).

Hal itu disampaikannya saat menyambut kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno ke objek wisata Pulau Belibis di Kota Solok.

"Ini menjadi suatu kebanggaan bagi pemerintah Kota Solok karena tidak semua kabupaten/kota yang mendapatkan kesempatan ini. Bahkan untuk terpilih sebagai tuan rumah KEN 2022 ini harus melalui seleksi yang ketat," ujar dia.

Zul Elfian juga menyebutkan kegiatan yang akan digelar pada September dalam rangka KEN 2022 nanti diantaranya berupa pertunjukan seni budaya, instalasi jerami, festival layang-layang, pameran rekraf, festival silek dan aneka permainan anak nagari lainnya.

Selain itu, Event Rang Solok Baralek Gadang merupakan perhelatan masyarakat dalam rangka memeriahkan panen raya di Kota Solok.

Event tersebut rencananya akan diadakan di hamparan Sawah Solok dengan harapan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan juga meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Solok.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada kementerian Parekraf karena telah mendukung kegiatan festival ini dan besar harapan kami pada saat pelaksanaan event nanti bapak menteri berkenan kembali hadir ke Kota Solok," ucap Sandiaga.

Zul Elfian juga mengatakan bahwa pemerintah Kota Solok akan selalu mendukung secara penuh program-program peningkatan kualitas masyarakat terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata tidak bisa jalan sendiri tanpa bantuan masyarakat. OPD terkait diharapkan bisa bekerja sama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Di samping itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan selain memberikan dukungan berupa anggaran dalam kegiatan even tersebut. Pihaknya juga memberikan pelatihan pendampingan.

"Diharapkan even ini tidak hanya sekadar kegiatan seremonial saja. Akan tetapi dapat memberikan cerita dan narasi nilai luhur serta keunggulan Kota Solok itu sendiri yang nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," ucap dia.

Kegiatan KEN 2022 ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Selain itu, KEN 2022 sebagai wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia.

Program ini akan diawali dengan proses kurasi guna menyaring kegiatan yang berkualitas, sehingga bentuk dukungan yang diberikan kepada penyelenggara kegiatan dapat lebih jelas dan terukur.

Terdapat lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama ialah aspek ide dan potensi inovasi, kedua yaitu pengembangan ekonomi kreatif, lalu event management, kemudian seni pertunjukan dan budaya, serta aspek strategi komunikasi dan media. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Umum, Sumatera Barat, Solok
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/