Home  /  Berita  /  Nasional

Legislator NasDem Desak KKP Perhatikan Perairan Darat

Legislator NasDem Desak KKP Perhatikan Perairan Darat
Anggota Komisi IV Fraksi NasDem DPR RI Yessy Melania dalam rapat bersama pemerintah di Senayan, Jakarta. (foto: dok. ist./dpr ri)
Kamis, 24 Maret 2022 13:07 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania dalam rapat bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kemarin mengingatkan agar perairan umum darat juga diperhatikan. Pasalnya sumber ikan Indonesia bukan hanya dari perairan laut.

"Saya selalu suarakan ketika rapat dan hari ini saya juga hanya mau menuntut dan menggaris bawahi komitmen dan konsistensi dari KKP terhadap perairan umum darat," ujar Yessy dikutip GoSumbar.com dari siaran parlemen, Kamis (24/3/2022).

Legislator Fraksi Partai NasDem ini juga menyampaikan aspirasinya mengenai bantuan dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) KKP yang tidak terakomodir di tahun 2020 dan 2021. Bantuan berupa benih ikan, pakan ikan, ikan hias dan beberapa program lain tidak terealisasikan. Alasannya karena keterbatasan anggaran.

Yessy juga menanyakan mengenai bantuan kapal 5GT yang diberikan oleh Dirjen Perikanan Tangkap untuk dapat dialihkan menjadi bantuan-bantuan yang sifatnya lebih kecil, situasional dan adaptif dengan kebutuhan di daerah masing-masing. Karena tidak semua daerah yang ada di wilayah Indonesia memiliki perairan laut. Bantuan kapal 5GT yang diberikan pun dinilai tidak sesuai untuk wilayah perairan umum darat.

"Kalau ini dipaksakan harus masuk dan diterima di dapil tentu tidak bisa, sayang anggarannya Rp500 juta. Tapi kalau bisa dibedah, dibagi dengan bantuan yang kecil misalnya ketinting, pukat, jala dan lain-lain. Saya pikir ribuan rumah nelayan tradisional, nelayan-nelayan kecil itu bisa menikmati," pinta Yessy.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Kategori:Pemerintahan, Nasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/