Home  /  Berita  /  Padang Pariaman

Banyak yang Suka Swafoto dan Upload, Seluruh Objek Wisata di Padang Pariaman akan Dipasang WiFi Gratis

Banyak yang Suka Swafoto dan Upload, Seluruh Objek Wisata di Padang Pariaman akan Dipasang WiFi Gratis
Jembatan Lubuak Tano di Kecamatan VII Koto, Padang Pariaman, Sumbar yang merupakan lokasi pemasangan internet gratis terlihat dari objek wisata Tanjung Wahana Tano. (antara/aadiaat ms)
Minggu, 20 Maret 2022 13:43 WIB
PARITMALINTANG – Kebutuhan paket internet berupa WiFi, semakin meningkat di objek-objek pariwisata di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Mengantisipasi itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Padang Pariaman mengupayakan memasang internet gratis di seluruh objek wisata favorit atau yang banyak dikunjungi wisatawan guna mengoptimalkan promosi wisata daerah.

"Kami sudah memasang wi-fi (internet) gratis di dua objek wisata yaitu di Lubuak Tano dan Pantai Tiram. Dan ini akan terus berlanjut di objek wisata yang lain,," kata Kepala Diskominfo Kabupaten Padang Pariaman Zahirman di Parik Malintang, Sabtu (19/3/2022).

Ia mengatakan tujuan pemasangan internet gratis di objek wisata yaitu untuk memberikan layanan internet kepada para pengunjung serta menambah daya tarik pariwisata.

Apalagi, lanjutnya saat ini wisatawan memiliki kecenderungan untuk berfoto atau swafoto di lokasi objek wisata dan bahkan langsung mengunggahnya (upload) ke media sosial yang tentunya memerlukan jaringan internet.

"Hal ini tentu dapat menjadi promosi wisata daerah," katanya.

Ia menyampaikan pemasangan internet gratis di objek wisata di Padang Pariaman mempertimbangkan jumlah kunjungan wisatawan serta lokasinya yang dekat dengan kabel internet milik perusahaan yang bekerjasama dengan dinas tersebut.

Jika objek wisata yang jauh dari kabel induk internet perusahaan dipaksakan untuk dipasang internet maka dana yang dikeluarkan besar, kata dia.

"Ada objek wisata (banyak pengunjungnya) tapi di situ tidak bisa dipasang wifi (internet) gratis karena aksesnya terlalu jauh. Tentu ini akan kami pikirkan solusinya," ujarnya.

Ia mengatakan penyediaan internet gratis di daerah tersebut tidak saja di objek wisata namun juga di kawasan publik yang disebut dengan Taman Digital dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada warga terkait teknologi informasi.

Ia menyebutkan Taman Digital tersebut terdapat di kantor-kantor pemerintahan di Kabupaten Padang Pariaman baik di kantor bupati, Camat hingga Puskesmas. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:sumbar.antaranews.com
Kategori:Umum, Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/