Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Mendes PDTT Jelaskan Proyek Penurunan Kemiskinan Ekstrem

Mendes PDTT Jelaskan Proyek Penurunan Kemiskinan Ekstrem
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar di Padang Pariaman, Sumbar, Rabu (27/8/2021). (gambar: tangkapan layar video antara)
Sabtu, 28 Agustus 2021 02:05 WIB
PADANG PARIAMAN - Mendes PDTT (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi), Abdul Halim Iskandar, mengunjungi beberapa daerah di Sumatera Barat dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional di level desa.

Dalam arahannya di Padang Pariaman, Halim menyebut, pemulihan ekonomi harus digerakkan di desa dengan berfokus pada Desa Wisata dan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

Halim menjelaskan, konsep utama dalam pemulihan ekonomi level desa adalah meningkatkan ekonomi desa lewat dua prinsip penurunan kemiskinan. Dalam upaya penurunan kemiskinan di tingkat desa, saat ini pemerintah tengah melakukan beberapa proyek percontohan penurunan kemiskinan ekstrim untuk 7 provinsi di Indonesia. Dari masing-masing provinsi itu dipilih 5 daerah proyek percontohan mulai dari tingkat provinsi hingga desa.

Ditargetkan, pada 2024 nanti, kemiskinan ekstrim di Indonesia bisa berada di angka 0 persen.

"Ini akan menjadi suatu pilot project yang target Presiden Jokowi adalah di 2024 nanti kemiskinan ekstrim di Indonesia sampai pada titik nol persen," kata Halim di Padang Pariaman, sebagaimana dikutip GoSumbar.com dari Antara, Sabtu (28/8/2021).

Terkait dua prinsip penurunan kemiskinan tersebut, Halim menjelaskan, pertama yaitu pengurangan pengeluaran bagi keluarga miskin. Sehingga pengeluaran keluarga miskin di desa untuk hal-hal seperti kesehatan yang sudah dijamin pemerintah lewat KIS (Kartu Indonesia Sehat) serta pendidikan dengan KIP (Kartu Indonesia Pintar) semakin kecil.

Sementara prinsip kedua adalah peningkatan pendapatan dengan mendorong geliat perekonomian desa melalui Desa Wisata dan BUMDes.***

Editor:Muhammad Dzulfiqar
Sumber:Antara
Kategori:Pendidikan, Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/