Home  /  Berita  /  Ekonomi

XL Axiata Ajak Mahasiswa Pahami Dunia Bisnis

XL Axiata Ajak Mahasiswa Pahami Dunia Bisnis
Sebanyak 27 mahasiswa XL Future Leaders dari berbagai kampus di Sumatera mengikuti kegiatan industrial visit yang dilakukan secara telekonferensi, Sabtu (4/7). Mereka mendapatkan pemaparan tentang proses bisnis yang dijalankan XL Axiata sebagai perusahaan
Sabtu, 04 Juli 2020 18:06 WIB

MEDAN - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengajak mahasiswa peserta program XL Future Leaders (XLFL) lebih memahami dunia bisnis telekomunikasi di Indonesia. Melalui agenda kegiatan industrial visit yang dilakukan secara telekonferensi, mereka mendapatkan paparan dari sejumlah leader mengenai proses bisnis yang kini dijalankan XL Axiata dalam melayani kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia.

Hadir dalam acara yang berlangsung pada Sabtu (4/7) ini antara lain Employee Relation, Iwan Syafrizal, Head Trade & Channel XL Axiata West Region, Aldian Garilbaldi dan Regional Service Excellence Medan – Aceh, Joko Priono.

Head of Sales XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi, mengatakan salah satu privilege yang diberikan kepada mahasiswa XLFL adalah mereka bisa mengetahui secara detail seperti apa proses bisnis di XL Axiata.

‘’Ini adalah satu hal yang sangat berharga. Dari situ, mereka juga akan paham proses di perusahaan modern di era digital, sehingga kami berharap mereka bisa ambil sikap mereka harus bagaimana untuk bisa masuk suatu saat nanti,’’ ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 27 mahasiswa. Mereka saat ini kuliah di Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Malikussaleh, Universitas Pelita Harapan Medan, Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Del, Universitas Andalas, Universitas Riau dan Universitas Sriwijaya. 

Dalam kegiatan ini, Employee Relation, Iwan Syafrizal menyampaikan materi tentang bagaimana XL Axiata harus mampu beradaptasi dengan segala kondisi, seperti saat ini tiba-tiba datang pandemi. Adaptasi secara cepat harus segera dilakukan agar karyawan selamat dan bisnis tetap dapat berjalan.

Kemudian Head Trade & Channel XL Axiata West Region, Aldian Garilbaldi dalam materinya menyampaikan paparan tentang rantai distribusi produk. Dilanjutkan Regional Service Excellence Medan – Aceh, Joko Priono menyampaikan materi tentang pentingnya bidang pelayanan pelanggan.

Masih dalam satu rangkaian acara ini, para peserta juga akan mendapatkan paparan tentang pengalaman yang didapatkan tiga orang alumni XLFL yang kini telah menduduki posisi penting di perusahaan tempat mereka berkarir.

Ketiganya adalah Key Account Manager for Automotive and Parts Category at Bukalapak, Julian Leonard Hardenberg. Lalu, Product Management, Merchant Onboarding, Grab, Arief Ismaidi. Kemudian,  Solution Advisor, SAP, Alvin Prayogo Komala.

XL Future Leaders

XL Future Leaders adalah program pengembangan kepemimpinan untuk mempersiapkan calon pemimpin global yang mempunyai jiwa kepemimpinan sekaligus mempunyai sifat kepedulian dengan lingkungan sekitar.

Dengan begitu, XL Axiata berharap para peserta suatu saat nanti akan bisa secara maksimal ikut membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Program ini berlangsung selama dua tahun untuk setiap angkatan. Tahun ini, kembali XL Future Leaders akan melakukan seleksi untuk para calon peserta.

Untuk bisa mengikuti program berdurasi 2 tahun ini, peserta harus memenuhi syarat untuk menjadi peserta XLFL, yakni mahasiswa tahun pertama dan kedua atau masuk semester pertama sampai keempat, dengan jurusan baik dari rumpun ilmu eksakta maupun ilmu sosial.

Program XL Future Leaders ini terbuka untuk semua jurusan karena kurikulum yang diajarkan lebih mengedepankan penguasaan peserta atas berbagai soft skills yang bertumpu pada kemampuan dalam komunikasi yang efektif, kemampuan mengelola perubahan, serta inovasi dan kewirausahaan.

Soft skills yang diajarkan tersebut akan membekali kemampuan para alumni untuk mampu antara lain beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan dan segala kegiatan di dalamnya. Mereka akan mudah untuk bekerja dan berkomunikasi secara efektif, juga berpikir secara kritis.

Kurikulum yang diterapkan juga sejak awal, sudah dirancang dengan menyesuaikan pada perkembangan era digital hingga beberapa tahun ke depan. Dengan demikian, diharapkan apa yang diajarkan juga akan tetap relevan untuk diaplikasikan di masa ketika digitalisasi semakin mempengaruhi berbagai sisi kehidupan.

Untuk program XLFL tahun ini, jumlah peserta yang diterima berjumlah minimal 150 orang terpilih melalui serangkaian seleksi ketat yang diadakan oleh XL Axiata. Tidak ada kuota khusus untuk masing-masing daerah pada saat seleksi peserta dilakukan. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Ekonomi
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77