Home  /  Berita  /  Padang

Laboratorium LLDIKTI Wilayah X di Padang Belum Dibuka Saat Normal Baru

Laboratorium LLDIKTI Wilayah X di Padang Belum Dibuka Saat Normal Baru
Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri. ANTARA/ Laila Syafarud
Selasa, 23 Juni 2020 15:14 WIB
PADANG - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X di Padang tidak melayani kegiatan praktikum di Laboratorium untuk sementara waktu saat normal baru.

"Lab belum dibuka karena dari kementerian menganjurkan agar melakukan perkuliahan secara daring untuk sementara waktu," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri, di Padang, Selasa.

Lebih lanjut ia mengatakan kendati telah memasuki masa kenormalan baru, perkuliahan secara daring tetap dilanjutkan sampai satu semester ini.

Hal itu berdasarkan surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No.20 tahun 2020 dan Surat Edaran Kepala LLDIKTI Wilayah X No. 304/LL10/KP/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Dalam Tatanan Normal Baru.

"Kecuali memang ada hal yang mendesak, maka boleh melakukan penelitian di laboratorium dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan laboratorium LLDIKTI Wilayah X melayani kegiatan penelitian dengan ketentuan hanya melayani penelitian mahasiswa yang telah memulai penelitian sebelum pandemi COVID-19, jumlah mahasiswa penelitian maksimal tiga orang per hari.

"Kemudian bagi mahasiswa penelitian yang sakit, tidak diizinkan dulu untuk melakukan penelitian. Hal ini bertujuan agar menghindari terjadinya penularan COVID-19," kata dia.

Sebelumnya, ia mengatakan laboratorium tersebut sudah berdiri sejak lama di LLDIKTI Wilayah X yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PTS khususnya di bidang praktikum dan analisis.

Ia menjelaskan laboratorium itu disediakannya untuk memberikan pelayanan dan kemudahan terhadap PTS yang berada di lingkungan LLDIKTI Wilayah X tersebut.

"Selain itu juga dapat memberikan kemudahan bagi setiap dosen dan mahasiswa yang hendak melakukan praktik dan penelitian di perkuliahan," ujar dia.

Menurutnya perpustakaan dan laboratorium sangat dibutuhkan bagi perguruan tinggi swasta untuk melakukan praktik dan penelitian, sehingga LLDIKTI Wilayah X berupaya untuk memfasilitasinya. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Kesehatan, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/