Home  /  Berita  /  Pendidikan

Universitas Andalas Padang Gagas Kuliah Kerja Nyata Era Normal Baru

Universitas Andalas Padang Gagas Kuliah Kerja Nyata Era Normal Baru
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Teknologi Pertanian Unand pada era normal baru. (ANTARA/Istimewa)
Kamis, 04 Juni 2020 00:09 WIB
PADANG - Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat menggagas kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata Bencana Corona Virus Disease 2019 (PKM/KKN BC-19) pada era normal baru.

Dekan Fakultas Tekonologi Pertanian Universitas Andalas Padang Feri Arlius Dt Sipado melalui keterangan tertulis di Padang, Rabu, mengatakan KKN pada normal baru itu dirangkum dalam tiga kegiatan, yaitu yang berhubungan langsung dengan sektor kesehatan dan COVID-19, kegiatan di luar sektor kesehatan tetapi terdampak pandemi COVID-19, dan pembuatan video pendek tentang sosialisasi serta pelatihan-pelatihan yang disebarkan dan diunggah ke media sosial.

“Terobosan ini, untuk memastikan mahasiswa kita tetap bisa menyelesaikan studi sesuai jadwal. Selain membantu masyarakat dan pemerintah menghadapi pandemi yang masih belum jelas waktu berakhirnya ini,” kata dia.

Ia mengatakan kegiatan itu merupakan pengabdian dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Unand kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Bagi mahasiswa yang mengikuti PKM-BC19 itu, kata dia, kegiatan-kegiatannya dapat dikonversi menjadi kegiatan KKN.

Dia mengatakan dalam pelaksanaan PKM-KKN BC19, mahasiswa maupun dosen pembimbing lapangan (DPL) harus menerapkan protokol kesehatan, aturan pemerintah pusat dan daerah, serta peraturan setempat.

“Lokasi PKM-KKN BC19 ini di lokasi sekarang mahasiswa berada dan sebagian besar mahasiswa sudah berada di kampung halamannya. Dengan demikian, tidak ada mobilisasi mahasiswa dari satu daerah ke daerah yang lain,” kata dia.

Dalam melaksanakan kegiatan, mahasiswa PKM-KKN BC19 harus memakai alat perlindungan diri (APD) minimal masker, menerapkan jaga jarak di dalam kelompok kegiatan demi menghindari transmisi virus, serta tidak mengumpulkan lebih dari lima orang dalam satu kelompok.

Mahasiswa, katanya, harus mencuci tangan saat selesai melakukan kegiatan dan membiasakan mengurangi menyentuh mulut, hidung, serta wajah.

“Kami berharap kegiatan ini berjalan lancar dan tanpa gangguan berarti dan mampu memberikan kontribusi di dalam mitigasi bencana COVID-19," kata dia

Ketua PKM KKN BC-19 Fakultas Teknologi Pertanian Unand Padang Ashadi Hasan mengatakan kegiatan itu melibatkan 300 mahasiswa dengan 50 DPL.

Ia mengatakan di lokasi KKN, mahasiswa berada dengan rentang waktu Mei hingga Juli 2020.

Kegiatan khusus COVID-19 yang diprogramkan, yaitu pembuatan dan membagikan cairan pembersih tangan kepada masyarakat, pembuatan selebaran, spanduk, dan poster tentang pandemi virus.

Seain itu, katanya, edukasi tentang pandemi, pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu, pembuatan dan pembagian masker kepada warga, pembuatan video edukasi dan menjadi relawan di posko COVID-19 di nagari masing-masing.

Kegiatan produktif dalam masa pandemi yang diinisiasi, yakni pemanfaatan lahan pekarangan dengan tanaman obat, sayur dan buah, serta sosialisasi tentang pertanian organik, pelatihan pembuatan hidroponik dari botol bekas, pembuatan rak tanaman atau pertanian urban, pelatihan pembuatan kompos dari sampah organik rumah tangga, pengenalan dan pemanfaatan ruang kosong dalam rumah untuk "beblog" jamur.

Selain itu, edukasi tentang pangan sehat dalam keadaan pandemi COVID-19, penyuluhan jajanan sehat, pelatihan pembuatan permen jahe dan selai, sosialisasi makanan sehat dan bergizi, mengajarkan masyarakat sekitar tentang cara pengolahan pangan yang baik.

Selain itu, pelatihan pembuatan VCO, naget, gula semut, selai tomat, minuman herbal untuk imunitas tubuh dalam masa pandemi, video tentang kerajinan tangan, usaha makanan untuk usaha skala rumah tangga dalam masa pandemi.

"Video itu harus diunggah ke media sosial, seperti Youtube, Facebook, Instagram dan lainnya," kata dia. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pendidikan, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77