Home  /  Berita  /  Internasional

Hari Pertama Dibuka, 93.774 Jamaah Shalat di Masjid Nabawi

Hari Pertama Dibuka, 93.774 Jamaah Shalat di Masjid Nabawi
Jamaah menjaga jarak dalam Masjid Nabawi. (okezone.com)
Kamis, 04 Juni 2020 07:34 WIB
MADINAH - Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi, dibuka kembali pada Kamis (4/6/2020), setelah ditutup sejak 20 Maret lalu.

Dikutip dari okezone.com, pada hari pertama pembukaan Masjid Nabawi setelah masa lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona, sebanyak 93.774 jamaah melakukan shalat di masjid suci itu.

Terhitung ada 40.356 jamaah ketika shalat Maghrib. Angka ini berdasarkan yang dihimpun Badan Masjid Nabawi di bawah Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci.

Dilansir Saudigazette, Kamis (4/6/2020), Masjid Nabawi membuka 11 pintu untuk menerima jamaah. Pembukaan dilakukan satu jam sebelum shalat Subuh dan ditutup setelah shalat Isya. 

Pintu masuk tersebut sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan untuk melindungi jamaah dari virus corona (Covid-19).

Masjid Nabawi dibuka kembali setelah Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdul Aziz al Saud mengeluarkan perintah mencabut penangguhan sementara waktu shalat Jumat dan shalat berjamaah bagi masyarakat yang telah berlaku sejak 20 Maret.

Kepresidenan telah menyetujui rencana membuka kembali masjid secara bertahap setelah meningkatkan tindakan pencegahan untuk memastikan keamanan dan perlindungan jamaah dari virus corona.

Namun, penutupan akses masuk ke Rawdah Sharif dan area masjid lama terus dilakukan. Kemudian petugas membatasi jamaah hingga maksimum 40 persen dari kapasitas masjid dalam satu waktu.

Lalu ada perintah larangan sementara kajian agama dan halakah hafalan Alquran. Sementara pemberian iftar dan makanan tetap berlaku di dalam masjid dan halaman.

Karpet sajadah yang tersebar di area masjid dan halaman juga dilepas. Jamaah tetap bisa shalat di atas lantai marmer.

Rencana agensi juga termasuk menempatkan kamera pendeteksi suhu tubuh di 11 pintu yang ditunjuk untuk masuk, termasuk tujuh kamera di akses masuk pria dan empat di bagian wanita.

Anak-anak dilarang memasuki masjid. Itu menekankan perlunya jamaah untuk mematuhi langkah-langkah pencegahan dan diharuskan memakai masker saat datang ke masjid, serta menjaga jarak yang ditentukan antara jamaah di setiap baris dan di antara baris.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:Umum, Internasional
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/