Home  /  Berita  /  Kesehatan

Nihil Kasus Covid-19 di Pesisir Selatan dalam 2 Pekan, 11 Pasien Sembuh

Nihil Kasus Covid-19 di Pesisir Selatan dalam 2 Pekan, 11 Pasien Sembuh
Ilustrasi virus corona. (int)
Selasa, 12 Mei 2020 06:00 WIB
PAINAN - Dalam dua pekan terakhir (sejak 27 April) tak ada penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar).

Dikutip dari Republika.co.id, informasi tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir Selatan Rinaldi di Painan, Selasa (12/5).

''Hari ini genap dua pekan Pesisir Selatan tanpa kasus baru. Hal ini merupakan bukti bahwa masyarakat konsisten menjalankan sejumlah kebijakan dalam meminimalkan Covid-19,'' kata Rinaldi.

Menurut Rinaldi, nihilnya kasus baru Covid-19 di Pessel dalam dua pekan terakhir tak lepas dari peran para relawan pencegahan Covid-19 yang tergabung dalam berbagai kelompok, baik di tingkat kabupaten hingga nagari.

Selain tidak adanya kasus baru, pasien yang terinfeksi Covid-19 satu per satu juga berangsur pulih usai menjalani perawatan.

Total pasien Covid-19 di Pesisir Selatan berjumlah 16 orang dan 11 orang di antaranya sembuh, dua di antaranya dinyatakan sembuh pada Senin (10/5) usai dikarantina di Balai Diklat BPSDM Sumbar.

Satu di antara pasien merupakan kasus positif ke 13, berjenis kelamin perempuan, berusia 40 tahun. Ia dinyatakan terinfeksi Covid-19 pada 23 April 2020 dan menjalani karantina keesokan harinya.

Lanjut Rinaldi, pasien sembuh berikutnya merupakan kasus ke 15 berjenis kelamin laki-laki dan berusia 26 tahun. Ia terkonfirmasi terinfeksi pada 25 April 2020 dan dikarantina hari itu juga.

Sementara sisanya sebanyak lima orang lagi yang masih terinfeksi, satu di antaranya dirawat di RSUD Dr Achmad Mochtar Bukittinggi, satu dikarantina di Balai Diklat BPSDM Sumbar dan tiga lainnya dikarantina di Bapelkes Sumatera Barat.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) di daerah setempat berjumlah lima orang. Tiga di antaranya dirawat di RSUD dr M Zein Painan dan dua menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dengan pengawasan tim medis.

Sambung Rinaldi, orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 320 orang dan 307 di antaranya selesai menjalani masa pemantauan. Orang tanpa gejala (OTG) berjumlah 380 orang dan 358 di antaranya selesai menjalani pemantauan.

Seterusnya jumlah pelaku perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 yang masuk ke daerah setempat berjumlah 6.696 orang. ''Sebanyak 5.887 di antaranya selesai menjalani pemantauan,'' pungkasnya. ***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:Kesehatan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77