Home  /  Berita  /  Internasional

Jang Hansol, Pemuda Korea yang Fasih Bahasa Jawa Pengungkap Pembuangan 3 WNI ke Laut di Kapal China

Jang Hansol, Pemuda Korea yang Fasih Bahasa Jawa Pengungkap Pembuangan 3 WNI ke Laut di Kapal China
Jang Hansol. (intipseleb.com)
Kamis, 07 Mei 2020 13:10 WIB
JAKARTA - Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan video pembuangan jasad tiga warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di kapal China ke laut. Video tersebut pertama kali diunggah YouTuber Korea, Jang Hansol.

Jang Hansol mengunggah konten videonya berjudul ''Berita Trending di Korea yang Bakal Bikin Orang Indonesia Ngamuk!'' itu di channel YouTube-nya Korea Reomit.

Dikutip dari detikcom, dalam videonya, Jang Hansol mengaku banyak menerima permintaan dari para pengikutnya di Instagram untuk menerjemahkan mengenai tayangan berita dari stasiun televisi MBC.

Tayangan berita itu tentang aksi kapal China membuang jenazah ABK asal Indonesia ke laut. Ada tiga jenazah ABK asal Indonesia yang dalam tayangan video diperlihatkan dibuang ke laut.

Menurut penuturan Jang Hansol sesuai berita MBC, ketiga ABK tersebut jenazahnya dibuang ke laut setelah menderita sakit.

Video yang diunggah Jan Hansol itu hingga kini sudah lebih dari 2 juta kali ditonton pengguna YouTube. Bahkan saat ini konten video dari Korea Reomit itu berada di posisi satu video trending di YouTube. Gara-gara konten videonya mengenai jenazah ABK WNI yang dibuang ke laut ini lah sosok Jang Hansol semakin menarik perhatian.

Siapa Jang Hansol, orang Korea yang bisa berbahasa Indonesia bahkan berbahasa Jawa dengan medok? Berikut ini fakta-fakta mengenai YouTuber yang channelnya memiliki lebih dari 2,9 juta subscriber itu, seperti dikutip dari detikcom:

Asli Korea

Jang Hansol merupakan warga negara Korea Selatan. Dalam konten YouTube yang berisi tentang perkenalannya, Hansol, demikian dia biasa disapa, mengaku banyak orang Indonesia yang tidak mempercayai bahwa dia orang asli Korea. Namun nyatanya dia memang berasal dari Korea Selatan. Ayah dan ibunya pun warga negara Negeri Gingseng tersebut.

Pemuda ini mahir berbahasa Indonesia bahkan berbahasa Jawa dengan medok tak lain karena dia pernah tinggal di Indonesia. Karena urusan pekerjaan, dia dan keluarganya pindah ke Indonesia, tepatnya Kota Malang, Jawa Timur pada 1998.

''Pernah tinggal di Indonesia 16 tahun. 18 tahun sih kalau dihitung sampai tahun ini (2017). Tapi dua tahun terakhir aku nggak tinggal terus di Indonesia, jadi yang dua tahun nggak dihitung,'' ujarnya dalam konten YouTube yang diunggahnya pada 2017.

Hansol juga mengungkapkan dia tinggal di Malang selama empat tahun. Dan pernah menetap selama dua tahun di Jakarta.

Sekolah Lokal di Indonesia

Jang Hansol menempuh pendidikannya di Indonesia. Dari TK hingga SMA, dia sekolah di sekolah lokal di Malang. Kata Hansol, pada saat itu sebenarnya ada beberapa keluarga Korea lainnya yang pindah ke Malang bersama mereka. Namun hanya keluarganya saja yang menyekolahkan anak-anaknya di sekolah lokal.

''Mamaku waktu itu berpikir kita harus belajar tentang Indonesia. Aku nggak pernah menyesali atau merasa itu keputusan jelek. Aku senang bisa ngomong bahasa Indonesia dan Jawa,'' ujarnya.

Kelahiran 1994

Jang Hansol mengaku kelahiran tahun 1994. Dia menempuh pendidikan universitas di Singapura. Saat mulai nge-vlog melalui channel YouTube Korea Roemit, dia berstatus mahasiswa di RMIT University Singapura. Hans lulus kuliah pada Agustus 2017.

''Yes I am graduated before I hit 50k subscribers. But I still achieved both thing in a day! 25 August 2017!'' tulisnya di Instagram seraya memperlihatkan kartu alumninya dari RMIT University.

Bisa Bahasa Jawa Medok

Jang Hansol menjadi YouTuber yang unik karena kemampuannya berbicara dengan bahasa Jawa yang medok, padahal dia adalah orang Korea Selatan. Hansol pun sering mendapat pertanyaan dari pengikutnya di Instagram dan YouTube, bagaimana dia bisa berbahasa Jawa.

''Kok bisa ngomong Jawa? Ya kan tinggalnya di Jawa Timur. Ngomong sama teman, orang di sekitar juga pakai bahasa Jawa. Jadi secara otomatis bisa,'' katanya.

Kini setelah tak lagi tinggal di Malang dan kembali ke Korea Selatan, Hansol mengaku masih kerap menggunakan bahasa Jawa saat mengobrol dengan kakaknya. Sedangkan dengan kedua orangtuanya, mereka berbicara menggunakan bahasa Korea.

Cinta Indonesia

Jang Hansol kerap ditanya oleh para pengikutnya di Instagram dan YouTube mengenai apa arti Indonesia baginya. Pernah tinggal 16 tahun di Indonesia, Hans mengaku sangat mencintai Indonesia.

''Ini kayak disuruh memilih mama atau papa. Jadi Korea itu ibu negaraku, Indonesia kayak papa aku. Dua-duanya sangat penting, sangat berharga. Keduanya susah dibandingkan. Indonesia sangat berharga buatku. Dua-duanya (Indonesia dan Korea), kayak rumah dan nyaman,'' ujarnya.

Salah satu bukti kecintaan Hans pada Indonesia, baru-baru ini dia melakukan penggalangan dana untuk penanganan COVID-19 di Tanah Air. ''INDONESIA BEBAS CORONA!! Rp50.000.000 aku donasikan melalui kitabisa.com untuk teman-teman Indonesia yang masih lebih membutuhkan,'' tulis Hansol.***

Editor:hasan b
Sumber:detikcom
Kategori:Internasional
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/