Home  /  Berita  /  Peristiwa

Padang Perketat Penggunaan Masker di Pasar Satelit untuk Antisipasi Covid-19

Padang Perketat Penggunaan Masker di Pasar Satelit untuk Antisipasi Covid-19
Minggu, 19 April 2020 19:16 WIB
PADANG - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat memperketat aturan penggunaan masker bagi pedagang maupun pembeli yang beraktivitas di beberapa pasar satelit di daerah itu untuk mencegah penularan corona virus disease (Covid-19).

''Untuk pasar satelit masih tetap buka, namun kami memberlakukan aturan wajib penggunaan masker bagi siapa saja yang beraktivitas di pasar itu,'' kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal saat dihubungi Antara, Minggu (19/4/2020).

Ia mengatakan pihaknya tidak akan mentolelir warga atau pedagang yang berada di pasar satelit tanpa masker akan disuruh keluar dari pasar dan tidak diizinkan masuk pasar sebelum menggunakan masker.

Meskipun saat ini belum ada indikasi pedagang dari pasar satelit terpapar Covid-19, namun pihaknya tetap memberlakukan pengawasan secara ketat dan sosialisasi secara intens serta menyediakan tempat cuci tangan di beberapa titik di pasar itu.

''Di setiap pasar satelit sudah disediakan tempat cuci tangan, selain itu tim kami juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan pada malam hari,'' katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan empat pasar satelit menjadi perhatian penting pihaknya untuk mengantisipasi sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19. Pasar satelit Lubuk Buaya, Pasar Siteba Nanggalo, Bandar Buat dan Tanah Kongsi dinilai memiliki aktivitas yang cukup tinggi.

Endrizal mengatakan pihaknya sejauh ini belum memutuskan untuk menutup aktivitas untuk pasar satelit, sementara untuk pusat Pasar Raya Padang akan diberlakukan penutupan selama lima hari ke depan mulai Senin (20/4) setelah sebelumnya ditemukan 17 kasus positif Covid-19 dari pedagang di tempat itu.

“Sementara ini untuk pasar satelit masih buka seperti biasa karena disana banyak menjual kebutuhan pokok, tapi pengawasannya dan aturannya yang terus diperketat, termasuk beberapa pasar kaget,” katanya.

Sebelumnya, pada Sabtu (18/4) Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kesehatan Kota mengumumkan 17 kasus positif Covid-19 ditemukan dari warga yang beraktivitas di Pasar Raya Padang yaitu lantai dua, fase VII dan penjahit pakaian. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Peristiwa, Sumatera Barat, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77