Kamis, 13 Juli 2017 18:24 WIB

Lakukan Terobosan, PT KAI Sumbar Kerjasama Angkutan Barang dengan PT Semen Padang

Penulis: Agib Noerman
gosumbarcom_sd8gf_19015.jpg
Kepala Divisi Regional II PT KAI Sumatera Barat, Sulthon Hasanuddin, saat silaturahmi dan halal di halal dengan jajaran pengurus dan anggota Indonesia Marketing Association (IMA) di salah satu restoran di Padang.
PADANG - PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional Sumbar (Divre Sumbar) melakukan terobosan baru dalam meningkatkan kerjasama terutam dengan PT Semen Padang. Terobosan baru, terkait kerjasama angkutan barang dari Indarung ke Teluk Bayur.

Menurut Kepala Divisi Regional II PT KAI Sumatera Barat, Sulthon Hasanuddin dengan adanya kerjasama angkutan barang ini diharapkan dalam satu hari ada berjalan angkutan sebanyak 21 kali perjalanan kereta, dari Indarung ke Teluk Bayur.

"Penambahan kerjasama angkutan barang selain semen akan berdampak pada peningkatan sektor lainnya," kata saat silaturahmi dan halal di halal dengan jajaran pengurus dan anggota Indonesia Marketing Association (IMA) di salah satgu restoran di Padang, kemarin.

Selain itu, dia juga mengatakan pembenahan infrastruktur jalur kereta rel, jembatan dalam rangka persiapan kereta ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM). "Mudah-mudahan tahun 2018 mendatang sudah mulai beroperasional," lanjutnya.

Selain itu, Dirjen Perkeretaapiaan sedang pengkajian penyambungan rel dari kayu tanam, Padang panjang ke Bukittinggi. "Tapi kalau ditanya kapan, saya juga kurang tahu dimulai, tapi sudah masuk pengkajian nasional. Diharapkan masuk dalam RAPBN 2018, sudah diaktifkan," katanya.

Namun, dia juga menyatakan saat ini juga banyak hal-hal teknis yang harus dibenahi, terutama banyak jalur yang sudah diokupasi masyarakat. Terkait pembebasan jalur di Bukittinggi dia mengatakan sebenarnya sudah selesai.

"Tapi ada pihak-pihak yang ingin memperkeruh suasana saja. Sebenarnya mereka sudah terikat dalam perjajnian kontrak, sewaktu-waktu PT KAI membutuhkan, mereka harus menyerahkan dua bulan sebelum pelaksanaan pemutusan kontrak," katanya.

Dijelaskan, pada bulan Juli ini, PT KAI sudah terikat kontrak dengan PT Patrajasa. "Diharapkan pada Agustus sudah dilakukan ground breaking yang rencananya akan diresmikan oleh Mentri BUMN Rini Suwandi," jelasnya.

Sementara terkjait silaturahmi dengan IMA, dia mengatakan berhubung masih dalam suasana hari raya Idul Fitri, makanya PT KAI melakukan halal bi halal dengan stake holder terkait.

"Ima ini adalah perkumpulan para marketing dan pemimpin di berbagai perusahaan. Kita harap dengan silaturahmi ini, akan terjalin hubungan komunikasi yang harmonis yang akan meningkatkan kerjasama di berbagai bidang di masa yang akan datang," pungkas Sulthon.(***)

Loading...
Terpopuler 24 Jam Terakhir
Loading...