Home  /  Berita  /  Umum

Walikota Hendri Arnis Dukung Wartawan Ikuti Uji Kompetensi

Walikota Hendri Arnis Dukung Wartawan Ikuti Uji Kompetensi
Wako Padang Panjang Hendri Arnis ketika menyalami Ketua PWI Padang Panjang Syamsoedarman. (Humas)
Rabu, 05 Oktober 2016 07:25 WIB

PADANG PANJANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengisyaratkan kepada PWI di daerah untuk memiliki program prioritas agar wartawan di daerah mengikuti uji kompetensi. PWI sebagai salah satu organisasi wartawan yang diakui oleh dewan pers, mempunyai standar kompetensi tersendiri untuk menyatakan seseorang itu benar benar seorang wartawan.

“Ada beberapa tahapan hingga seseorang bisa dikatakan sebagai wartawan dalam PWI. Untuk medapatkan kartu PWI sebagai anggota muda, orang itu harus melalui pelatihan dan ujian, kemudian dari anggota muda ke anggota biasa harus mengikuti uji kompetensi, begitu juga untuk menjadi anggota luar biasa dan anggota kehormatan,” ungkap Wakil ketua PWI Provinsi Sumatera Barat Heranof Firdaus usai mengukuhkan Kepengurusan PWI Kota Padang Panjang yang di pimpin oleh
Syamsoedarman, Selasa (4/10/2016) di Gedung Syafei.

Untuk uji kompetensi tersebut menurut Ranof, Padang Panjang bisa menjadi tuan rumah bagi para wartawan yang ingin mengikutinya di Kota tersebut. Hal serupa juga disampaikan oleh salah seorang pengurus PWI Provinsi Sumatera Barat yang juga beprofesi sebagai pimpinan harian Metro Andalas, Eko Yance Hendri,

“Kompetensi itu penting tapi bukan untuk gagah gagahan,” katanya.

Dikatakannya, ada tiga organisasi pers yang diakui pemerintah yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Dari ketiga organisasi tersebut sepakat agar wartawan harus mengikuti uji kompetensi. Kendati demikian dari 488 wartawan di Sumatera Barat hanya 196 orang yang lulus uji kompetensi. “PWI Pusat berharap seluruh wartawan hendaknya mengikuti uji kompetensi,” katanya.

“Saya mengajak kita semua wartawan menyadari profesi kita adalah profesi yang mulia, tetapi harus mendapat pengakuan.pengakuan itu yang nanti diuji melalui dewan pers”, katanya.

Menaggapi dua tokoh jurnalis Sumatera Barat tersebut Walikota Padang Panjang Hendri Arnis dalam sambutannnya menyatakan dukungannya atas uji kompetensi bagi para wartawan. "Jurnalis perlu mengikuti uji kompetensi, Pemerintah Kota Padang Panjang akan menganggarkan untuk uji kompetensi bagi para wartawan agar mereka diakui kompetensinya,",katanya.

Walikota Hendri Arnis juga mengharapkan PWI Kota Padang Panjang yang baru dibentuk tersebut dapat bersama sama mendukung Pemerintah setempat untuk bisa bersinergi memajukan Kota Padang Panjang serta tidak mencari hal hal yang tak perlu untuk di cari, sehingga hubungan silaturahmi antara Pemko dan Wartawan berjalan dengan baik. (Humas)

Editor:Calva
Kategori:Umum, Padangpanjang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/