Home  /  Berita  /  Umum

PFC Libatkan Ratusan Pelajar

PFC Libatkan Ratusan Pelajar
Suasana Pawai Alegoris HUT RI di Kota Payakumbuh. (bdn)
Selasa, 23 Agustus 2016 10:23 WIB
Penulis: Bayu de Nura

PAYAKUMBUH--Payakumbuh Fashion Carnaval dan Pawai Alegoris, dua agenda semarakkan HUT RI ke-71 di Kota Payakumbuh, tahun ini. Kedua even itu sangat ditunggu warga kota, karena sudah dijadwalkan berlangsung sehari penuh, Kamis (18/8). Mulai dari pagi hingga sore, jeda shalat zuhur, ribuan warga kota disuguhi atraksi yang menarik dalam even kolosal dimaksud.

Ketua Dekranasda Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi didampingi Kadisparpora Syahnadel Khairi, kepada GoSumbar, Senin (15/8), mengatakan, kegiatan Payakumbuh Fashion Carnaval itu melibatkan ratusan pelajar TK/SD sampai SMA/SMK. Berbagai busana daerah, dari sabang sampai merauke sampai kebusana modern yang lagi trend, akan ditampilkan dalam defile carnaval, disepanjang ruas jalan utama di jantung kota Payakumbuh.

 

Sedikitnya, ada 10 defile yang akan ditampilkan dalam Payakumbuh Fashion Carnaval itu, sebut Ketua Dekranasda Henny Riza Falepi. Diawali dengan defile TK dan SD yang akan menampilkan busana hiasan-hiasan yang menarik, seperti kupu-kupu dan jenis hewan lainnya. Kemudian, juga ada defile berpakaian budaya daerah, seperti fashion Jawa, Batak, Bugis, Jayapura dan Minang. Berikutnya, juga ada busana menampilkan ragam bunga-bungaan serta pakaian khas daerah, hasil kerajinan IKM Payakumbuh sendiri, jelas Henny.

 

Kegiatan Payakumbuh Fashion Carnaval itu, akan dilepas dari garis star di Simpang Bofet Sianok Jalan A. Yani Payakumbuh. Kemudian bergerak melewati panggung kehormatan di depan kantor PT Pos Indonesia di Jalan Sudirman Payakumbuh, terus menuju Simpang Benteng. Dijadwalkan, berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB.

 

Sementara itu, kegiatan pawai alegoris, seperti disampaikan penanggung jawab iven ini, Kepala Dinas Pendidikan Payakumbuh H. Hasan Basri, akan dimulai pukul 14.00 WIB, dengan garis star  di lapangan Kubu Gadang, melewati Simpang Labuh Basilang, Jalan A. Yani, Jalan Sudirman dan finis di Simpang Benteng.

 

Pawai alegoris, diperkirakan bakal melibatkan seribuan peserta, menceritakan perjalanan sejarah Indonesia, dari masa penjajahan Belanda, Jepang, masa pergerakan merebut kemerdekaan, Proklamasi, mempertahankan kemerdekaan, era orde lama, era orde baru hingga kezaman reformasi. Berbagai kemajuan pembangunan nasional, provinsi dan Payakumbuh sendiri, juga akan ditampilkan dalam even Pawai Alegoris dimaksud.

 

Hebatnya lagi, sebut Hasan, partisipasi semua sekolah terlihat antusias dalam pawai dimaksud. Nyaris, semua sekolah ingin menampilkan unit drum band mereka, selain bentuk kegiatan budaya lainnya. “Semangat seperti itu, perlu dihargai. Bukti nyata, semangat juang rela berkorban pelajar, orang tua murid dan guru di kota ini, cukup tinggi,” ucap Hasan.***

Editor:M. Siebert
Kategori:Umum, Payakumbuh
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/