Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Ketua Komisi III DPRD Padang Harapkan DKP Manfaatkan Sampah Jadi Gas Metan

Ketua Komisi III DPRD Padang Harapkan DKP Manfaatkan Sampah Jadi Gas Metan
Ketua Komisi III DPRD Padang. Helmi Moesim
Rabu, 27 Juli 2016 17:30 WIB
Penulis: Agib Noerman

PADANG - Ketua Komisi III DPRD Padang, Helmi Moesim mengharapkan Dinas Kebersihan mampu memanfaatkan sampah menjadi gas metan. Selain itu, Dinas Kebersihan juga perlu mengatur regulasi pemanfaatan gas metan dijadikan tenaga listrik.

"Tempat pembuangan akhir (TPA) Aia Dingin sudah dimanfaatkan menjadi gas metan yang bisa berfungsi mengaliri listrik. Sayagnya, DKP Kota Padang belum maksimal mengelola hal tersebut," kata Helmi Moesim, ketika dihubungi Rabu (27/6/2016).

Helmi mencontohkan, sebagai perbandingan di Kota Balikpapan. Dikatakannya, di Balikpapan sistim penguraian sampah teknologi nyang tinggi. Saat ini energi listrik yang telah dikelola dapat mengaliri sebanyak 200 KK untuk masyarakat sekitar TPA.

Dijelaskan politisi Golkar ini, jumlah debit sampah di Balikpapan 900 ton perhari, sedangkan Kota Padang lebih kurang 700 ton. Kondisi ini hampir sama dengan Kota Padang.

"DPRD meminta DKP melakukan sinkronisasi program dengan apa yang dilakukan DKP Kota Balikpapan," tegas Helmi

Helmi juga menceritakan, di Balikpapan sektor kebersihan memang diprioritaskan Pemko. Buktinya, tidak akan dijumpai lagi pada pagi hari pukul 07.00  WIB  para petugas kebersihan melakukan aktifitas mereka.

"Informasinya, petugas kebersihan melakukan aktifitas dimulai pukul 03.00 Wita hingga jelang subuh. Begitu juga dengan armada angkutan sampahnya, di dareah itu semua aktifitas mereka pada dini hari hingga jelang subuh,” terangnya. (agb)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77