Home  /  Berita  /  Umum

Wako Hendri Arnis ingatkan Jamaah Calon Haji (JCH) Dapat Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin

Wako Hendri Arnis ingatkan Jamaah Calon Haji (JCH) Dapat Mempersiapkan Diri Sebaik Mungkin
Kepala RSUD Kota Padang Panjang dr. Ardoni saat membuka acara Bimbingan Manasik Haji oleh Kemenag Kota Padang Panjang di Masjid Jihad. (Humas Padang Panjang)
Rabu, 13 Juli 2016 13:00 WIB

PADANG PANJANG - Walikota Padang Panjang Hendri Arnis mengingatkan kepada Jemaah Calon Haji agar dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin terutama kesehatan fisik guna menjalankan ibadah Haji nantinya.

“Kita sadari bahwa ibadah Haji memerlukan kesehatan dan kebugaran fisik, jaga kesehatan dan persiapkan diri dengan sebaik baiknya,” katanya yang disampaikan Kepala RSUD Kota Padang Panjang dr. Ardoni saat membuka acara Bimbingan Manasik Haji oleh Kemenag Kota Padang Panjang di Masjid Jihad yang terletak di Kecamatan Padang Panjang Barat Kelurahan Balai Balai, Selasa (12/7/2016).

Turut hadir pada acara tersebut kepala Kemenag Kota Padang Panjang Buya Alizar Chan, pemateri dari Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat dan pemateri dari Kota Padang Panjang.

Walikota Hendri Arnis melalui Kepala RSUD kota Padang Panjang Ardoni juga menghimbau kepada para calon jemaah haji agar dapat menguasai dan memahami semua materi yang telah diberikan oleh pembimbing ibadah haji.

“Kita sangat menyadari begitu tinggi dan mulianya haji yang mabrur tersebut,satu tahun lamanya kita mempersiapkan diri untuk mengetahui, memahami serta mengamalkan rukun dan syarat haji yang sesuai dengan syar’i yang tentunya diharapkan nantinya tidak ada lagi keraguan ketika melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekah,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Kepala Kemenag Kota Padang Panjang, Buya Alizar Chan menyampaikan bahwa ada 166 dan ditambah 3 orang cadangan dari Kota Padang Panjang dan sekitarnya yang direncanakan akan berangkat haji pada 19 agustus mendatang. Mereka terdiri dari 74 laki – laki dan 92 perempuan.

Untuk materi pada acara manasik haji yang di laksanakan selasa (12/6) hingga rabu (13/6) di Masjid Jihad, Kasi Haji Saiful Arifin mengatakan bahwa materi berupa Kebijakan pelaksanaan ibadah haji, keselamatan penerbangan, tentang pemeliharaan kesehatan, pemeliharaan haji mabrur, pembentukan regu, rombongan dan kloter.

“Narasumber berasal dari Kemenag Kota Padang Panjang, Kasi haji, dari perhubungan provinsi, Dari DKK Sumbar, Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Ghazar,”katanya.

Bimbingan Manasik Haji tersebut nantinya akan dilanjutkan di bulan agustus selama delapan kali pertemuan di minggu pertama dan kedua, dimana pelaksanaannya masing masing empat hari dalam setiap minggunya.

“Bimbingan manasik haji pada bulan agustus nantinya dibagi perkecamatan, yaitu Kecamatan Padang Panjang barat, dan Kecamatan Padang Panjang Timur. Untuk jamaah Pabasko sendiri pelaksanaan Manasik pada bulan agustus nanti dilaksanakan di Kecamatan Batipuh,” ungkap Saiful Arifin. (Humas)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77