Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
12 jam yang lalu
Dikalahkan Uzbekistan, Timnas U 23 Indonesia Masih Ada Peluang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
2
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
Olahraga
14 jam yang lalu
Berpeluang Raih Norma Grand Master, Aditya Butuh 1 Poin Kemenangan
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

KADP Lestarikan Buku di Hari Buku Nasional

KADP Lestarikan Buku di Hari Buku Nasional
Dua staf Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Linda Efia dan Deri Hastuti didampingi Kasi Pengelolaan Perpustakaan Nur Akmal dan 2 orang staf sedang melakukan pelestarian buku. (f/bdn)
Kamis, 19 Mei 2016 22:22 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Selasa (17/5), merupakan Hari Buku Nasional. Makna hari buku nasional memang bukan untuk dirayakan secara besar-besaran, tetapi bagaimana menumbuhkan dan meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Indonesia umumnya dan kota Payakumbuh khususnya.

“Penentuan 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional sendiri merupakan ide Menteri Pendidikan dari Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik Fadjar sejak 2002. Di hari tersebut, juga bertepatan dengan peringatan pendirian Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di Jakarta pada 17 Mei 1980, “újar kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan (KADP) Payakumhuh Drs. Zulrefri kepada koran ini diruag perpustakaan umum Payakumbuh, Kamis (19/5).
 
Karena itu, penetapan hari buku nasional diharapkan mampu memacu minat baca masyarakat Payakumbuh, sekaligus menaikkan penjualan buku di pasaran. Pasalnya, secara umum atau di Indonesia, rata-rata hanya 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahunnya.
 
Sedangkan di perpustakaan Payakumbuh, KADP baru siap melayani masyarakat dengan jumlah buku sebanyak 19 ribu buku pengetahuan umum. Jumlah tersebut jauh berbeda dengan daerah lainnya, seperti Jakarta dan kota-kota besar lainnya.
 
Nah, dengan adanya sebanyak 7 perpustakaan kelurahan yang menjadi mitra kerja KADP dan sebanyak 154 perpustakaan sekolah dapat memacu minat baca masyarakat Payakumbuh kedepannya. Dan pada Hari Buku Nasional inilah, perpustakaan Payakumbuh melakukan pelestarian buku.
 
“Kegiatan pelestarian buku ini langsung dibimbing oleh dua orang pemandu dari Badan Perpustakaan Kerasipan Provinsi Sumatera Barat yakni ibu Linda Efia, AMd (staf Subid Pelestarian Bahan Perpustakaan) dan ibu Deri Hastuti (staf Deposit Pengamatan Bahan Pustaka. Pada tahun 2016 ini, kita baru bisa melaksanakan pelestarian sebanyak 1.000 buku. Mudah-mudahan di tahun 2017 nanti sebanyak 2.000 buku lagi, “jelas Zulrefri.
 
Terpisah, Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar, yang sering berkunjung ke perpustakaa Payakumbuh dan mendorong penuh perkembangan perpustakaan kelurahan dan perpustakaan sekolah, kepada koran ini di kantor Balaikota, Kamis (19/5), mengatakan, sebetulnya selain Hari Buku Nasional, terdapat juga Hari Buku Sedunia yang jatuh setiap 23 April.
 
Peringatan Hari Buku Sedunia ini biasanya lebih populer dibandingkan Hari Buku Nasional. Hal ini tentu disayangkan mengingat Hari Buku Nasional seharusnya menjadi momentum penduduk Indonesia umumnya dan kota Payakumbuh khususnya untuk lebih mengenal perpustakaan dan meningkatkan minat baca buku.
 
“Menumbuhkan kecintaan terhadap membaca buku menjadi tantangan bagi setiap individu. Kendati demikian, peringatan Hari Buku Nasional mampu memberikan dampak positif dalam menyadarkan masyarakat tentang pentingnya buku, “ujar Wawako Suwandel Muchtar.
 
Nada yang sama juga dilontarkan ketua komisi A DPRD Payakumbuh Drs. H. Fitrial Bachri yang merupakan mitra kerja KADP. Untuk memeriahkan Hari Buku Nasional, beberapa instansi seperti perpustakaan daerah, sudah seharusnya menganggarkan kegiatan tersebut dengan  mengadakan acara dan kegiatan yang bertujuan mengajak masyarakat umum berkunjung ke perpustakaan, ajaknya.
 
Sementara, Linda Efia dan Deri Hastuti, mengatakan, pelestarian buku perlu diadakan oleh seluruh perspustakaan, baik perpustakaan umum maupun perpustakaan sekolah. Kami dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi siap membantu dan memandu kegiatan tersebut, ujarnya.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Payakumbuh, GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/