Home  /  Berita  /  GoNews Group
Jejak Islam di Minangkabau

Mari Berkunjung ke Masjid Bingkudu Ampek Angkek Canduang, Mesjidu Tua Bisa Membuat Hati Tenang

Mari Berkunjung ke Masjid Bingkudu Ampek Angkek Canduang, Mesjidu Tua Bisa Membuat Hati Tenang
Masjid Jamik Bingkudu Ampek Angkek Canduang. (Humas)
Jum'at, 22 April 2016 09:58 WIB

AGAM - Bila anda sedang berkunjung ke Kota Wisata Bukittinggi, sempatkanlah berkunjung ke Masjid Jamik Bingkudu di Kecamatan Ampek Angkek Canduang Kabupaten Agam. Mesjid tua yang masih digunakan sebagai tempat beribadah masyarakat ini, dibangung sekitar tahun 1813 dan bisa membuat hati tenang usai beribadah di sana.

Masjid Bingkudu, yang terletak di Luhak Agam tepatnya di Ampek Angkek Canduang kini merupakan salah satu tempat wisata religius di Agam. Masjid tergolong tua di Sumbar adan bahkan Indonesia ini telah banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara terutama dari negeri jiran Malaysia.

Masjid Jamik Bingkudu memiliki banyak keunikan. Masjid menyimpan banyak benda-benda kuno seperti Lampu dinding, Lampu gantung, yg usianya sudah ratusan tahun. Di Mihrab Mesjid Jamik Bingkudu terdapat huruf Arab & latin yg bertuliskan 1316 H (1906). Diduga tulisan trsebut adalah tahun pembuatan mihrabnya. Mesjid Jamik Bingkudu yg memakai Arsitektur Minangkabau.

Masjid ini masuk dalam salah satu cagar budaya oleh Pemkab Agam, yang dahulunya diprakarsai oleh Tujuh Tokoh Kanagarian yang melingkupi keberadaan masjid. Yakni Nagari Lasi Tuo, Nagari Lasi Mudo, Nagari Canduang, Nagari Koto Laweh, Nagari Pasanehan, Nagari Bukik dan Nagari Batabuah. Bagi Saudara saudari kami apabila sering mengalami kegalauan & masalah kehidupan, Berkunjunglah dan Bersujud kpda ALLAH SWT di Mesjid Jamik Bingkudu yang berjarak hanya sekitar 15 km dari pusat Kota Wisata Bukittinggi.

Insya ALLAH dengan berwisata & bersujud di Mesjid Jamik Bingkudu, hati, jiwa & pikiran kita akan Menjadi tenang. Mesjid Jamik Bingkudu yg berdiri kokoh, berada di Nagari: Koto Laweh, Kecamatan: Canduang, Agam. Silahlan berkunjung. (humas)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/