Home  /  Berita  /  Ekonomi

Panen Padi di Bungus, Walikota Padang Bertekad Tingkatkan Swasembada Beras

Panen Padi di Bungus, Walikota Padang Bertekad Tingkatkan Swasembada Beras
Wako Padang H. Mahyeldi saat panen padi di Bungus Teluk Kabung. (Humas)
Selasa, 29 Maret 2016 10:57 WIB

PADANG – Dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional di tahun 2017, perlu adanya peningkatan produksi padi di Kota Padang. Maka untuk itu, beberapa program dan kegiatan telah diluncurkan pemerintah. Diantaranya seperti perbaikan jaringan irigasi tersier, distribusi bibit, distribusi pupuk, melakukan penyuluhan serta pengadaan alat mesin pertanian yang bersumber baik dari pemerintah daerah maupun pusat.

Hal ini disampaikan Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo sewaktu melakukan panen padi perdana awal tahun 2016 di areal Kelompok Tani Villa Saiyo Timbalun, Kelurahan Bungus Timur Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab), Senin (28/3/2016). Dalam kesempatan itu juga tengah hadir, anggota Komisi IV DPR RI Dapil Sumbar 1, Hermanto selaku wakil rakyat di pusat yang membidangi hal tersebut.

Walikota mengharapkan, semoga para petani padi mampu mengupayakan jumlah kali tanam bisa terus meningkat setiap tahunnya.

“Bagi para petani, mari tingkatkan produksi padi kita secara terus menerus. Kalau bisa panennya tiga kali setahun,” imbuh Wako yang didampingi Camat Bungtekab, Imral Fauzi.

Wako juga menyebutkan, dalam rangka upaya swasembada pangan, Pemko Padang melalui Dinas Pertanian Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Dispernakbunhut) berusaha secara intens mewujudkannya. Diantaranya seperti, memberikan bantuan dalam bentuk peningkatan optimalisasi lahan, bantuan bibit, pupuk, sarana alsintan dan sarana pasca panen untuk mendukung saat panen.

“Semoga semua para petani padi akan mengikuti setiap anjuran-anjuran yang diberikan. Mulai dari pemilihan bibitnya, pola tanam yang benar sehingga produksinya akan terus meningkat," imbuh Wako.

Sementara itu, Kepala Dispernakbunhut, Dian Fakri mengatakan, ia bersyukur panen padi di areal Kelompok Tani Viila Saiyo Timbalun telah mengalami peningkatan khususnya dari segi kualitas.

"Tahun sebelumnya hanya menghasilkan 50 karung beras per hektare, sekarang naik menjadi 65 karung. Saya rasa ini sudah awal tanda peningkatan hasil tani dan tentu akan memberikan kesejahteraan bagi para petani kita,” tukasnya. (David/Mursalim/Faisal)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, Pemerintahan, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/