Home  /  Berita  /  Umum

Sampah Menggunung di Pasar Pulau Punjung, Bau Busuk Resahkan Warga

Sampah Menggunung di Pasar Pulau Punjung, Bau Busuk Resahkan Warga
Suasana rapat pengelolaan sampah di Pasar Pulau Punjung di Kantor Bupati Dharmasraya. (Foto: Eko/GoSumbar)
Sabtu, 05 Maret 2016 05:55 WIB
Penulis: Eko Pangestu

PULAU PUNJUNG - Sampah yang menumpuk di Pasar Pulau Punjung adalah kesalahan manusianya. Karena sudah diberi pemberitahuan agar buang sampah pada tempatnyam ternyata tidak diindahkan oleh warga yang berada di pasar tersebut.

Hal tersebut di sampaikan Walinagari IV Koto Pulau Punjung Abdul Kahar yang didampingi Jorong Pasar Pulau Punjung Loni MZ di hadapan Wakil Bupati Dharmasraya Amprizal Datuk Rajo Medan, Kamis (3/2/2016) lalu.

Abdul Kahar mengatakan, sampahnya tergenang air dan menyebabkan berbau busuk saat musim hujan. Sehingga, kata Abdul Kajar bersama marak pasar baru Pulau Punjung Ilon, ini bisa jadi keterlambatan perintah Bapak Bupati Sutan Riska Tuaku Kerajaan untuk segera membuang sampah di belakang pasar baru lantaran hari musim hujan.

"Air menggenang, sampahnya basah, jadi tidak memungkinkan untuk diangkut atau dikeruk dengan alat berat. Lagipula jadwal pasar dua kali sepekan sehingga harus dicari hari yang pas," jelas Kahar.

Sementara marak pasar, Ilon menambahkan, belum terkelolanya sampah pasar baru Pulau Punjung lantaran pihaknya tidak punya lahan untuk buang sampah. Lahan yang sekarang digunakan ini merupakan lahan sewaan, yang terkadang punya kendala dengan pemilik lahan.

"Kemana lagi akan kami buang. Pernah kami angkut ke sungai, tapi kami ditegur oleh BLH. Kata mereka mencemari lingkungan. Tolonglah pak kami difasilitasi dalam mengelola sampah pasar," papar Ilon. (***)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Dharmasraya
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/