Home  /  Berita  /  Umum

Pembukaan MTQ Tingkat Lubuk Bagaluang Semarak

Pembukaan MTQ Tingkat Lubuk Bagaluang Semarak
Lurah Pagambiran Ampalu Nan XX, Mur Ikhwan menyerahkan piala bergilir ke Camat Lubuk Bagaluang, Hendra Mardhi untuk diperebutkan pada MTQ ke-37 tingkat kecamatan di Batuang Taba Nan XX, Minggu (28/2). (David)
Minggu, 28 Februari 2016 21:21 WIB

PADANG - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional ke-37 tingkat Kecamatan Lubuk Bagalung, Kota Padang, resmi dimulai Minggu (28/2/2016).

Pembukaannya yang dipusatkan di Lapangan Bolakaki BBC Kelurahan Batuang Taba Nan XX itu, berlangsung semarak. Hal itu diungkapkan walikota yang diwakili Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Eyviet Nazmar saat membuka iven keagamaan yang diikuti 360 peserta dari 15 kelurahan di Nagari Nan XX.
"Saya lihat, ini salah satu pelaksanaan MTQ ke-37 tingkat kecamatan yang terbaik dari tiga kecamatan yang sudah melaksanakannya. Ini merupakan pertanda, Lubuk Bagaluang siap menjadi tuan rumah MTQ ke-37 tingkat Kota Padang Juli nanti," puji Eviet.
Pujian dilontarkan Eyviet itu cukup beralasan. Diawali saat pawai ta'aruf yang dibuka Kabag Kesra Setko Padang Al Amin di kampus Universitas Putra Indonesia (UPI), diikuti tiga ribu lebih peserta yang disertai para kafilah, unsur majelis taklim, anggota TPQ-TQA, bundo kanduang, tokoh masyarakat, organisasi pemuda serta lainnya. Ditambah lagi, arak-arakan peserta pawai membawa umbul-umbul dengan berbagai macam atribut menambah khidmat pembukaan acara itu.
"Saya juga berharap, bagusnya pelaksanaan juga diiringi dengan prestasi. Artinya apa, semoga qori dan qoriah dari Lubuk Bagaluang bisa pula mewakili Padang untuk MTQ ke-37 di tingkat kota, provinsi bahkan nasional," harapnya.
MTQ yang dilangsungkan selama tiga hari itu, dibuka Minggu (28/2) pagi dan ditutup Selasa (1/3) malam. Lomba sekali dua tahun ini, diikuti qori-qoriah dari 15 kelurahan. Masing kelurahan akan berlomba jadi yang terbaik untuk memperebutkan juara umum yang sebelumnya diraih tiga kali berturut-turut Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX.
"MTQ ini memiliki banyak manfaat. Tidak hanya menyemarakkan syiar agama di tengah-tengah masyarakat, juga dalam rangka mencari bibit-bibit kafilah dari tingkat kelurahan. Selamat berlomba bagi para kafilah, berikanlah yang terbaik," ujarnya.
Camat Lubuk Bagaluang Hendra Mardhi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung penyelenggaraan MTQ tersebut.
"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung penyelenggaraan MTQ ini. Tanpa dukungan kita semua, tentu iven ini tidak akan berlangsung semarak dan khidmat," ucapnya.
Mantan camat Nanggalo ini juga berharap, pelaksanaan MTQ tersebut bisa berjalan lancar dan sukses dari awal hingga penutupan.
"Semoga panitia penyelenggara, official tim, dewan juri, para kafilah serta seluruh elemen masyarakat, mari kita selenggarakan dan laksanakan MTQ ini dengan sebaik-baiknya. Sebelum dan sesudahnya kami menyampaikan terima kasih," imbuhnya.
Sementara itu, panitia pelaksana Ismetsyah, menjelaskan MTQ itu diikuti 360 peserta dari 15 kelurahan. Masing-masing kelurahan mengutus 26 kafilah, dengan cabang yang diperlombakan, tilawatil Quran, tahfiz, tartil, fahmil, syarhil, khutban dan azan serta pawai ta'aruf.
"Untuk MTQ ini lokasinya berpusat di Kelurahan Batuang Taba Nan XX, yang terdiri dari 5 lokasi lomba yakni 4 mesjid dan 1 mimbar utama. Di samping itu, panitia juga melengkapi fasilitas medis.
Adapun sebut Sekcam Lubuk Bagaluang ini, pembukaan dimulai dengan pawai ta'aruf, lalu dilanjutkan dengan pemukulan bedug oleh Asisten II beserta Kakankemenag, unsur muspika, anggota DPRD dan perwakilan tokoh masyarakat. Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan piala bergilir yang bakal diperebutkan dari juara bertahan Kelurahan Pagambiran Ampalu Nan XX, yang sebelumnya juara umum MTQ ke-36 tingkat kecamatan. (Humas)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/