Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PJ Gubernur Ribka Haluk Buka UKW Perdana Papua Tengah
Umum
24 jam yang lalu
PJ Gubernur Ribka Haluk Buka UKW Perdana Papua Tengah
2
Johnny Depp Berencana Beli Kastil Tua Bersejarah di Italia
Umum
24 jam yang lalu
Johnny Depp Berencana Beli Kastil Tua Bersejarah di Italia
3
Ditanya Kemungkinan Rujuk dengan Farhat Abbas, Nia Daniaty Pilih Bungkam
Nasional
24 jam yang lalu
Ditanya Kemungkinan Rujuk dengan Farhat Abbas, Nia Daniaty Pilih Bungkam
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

Padang Timur Gelar MTQ Kecematan, Wako Tabuh Beduk di Masjid Nurul Amin

Padang Timur Gelar MTQ Kecematan, Wako Tabuh Beduk di Masjid Nurul Amin
Wako Padang H. Mahyeldi bersama Camat Padang Timur menabuh beduk. (Humas)
Minggu, 21 Februari 2016 06:43 WIB

PADANG - Tabuhan beduk di Mesjid Nurul Amin menandai pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-37 tingkat Kecamatan Padang Timur,Sabtu (20/2/2016). Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah didampingi Camat Padang Timur Ances Kurniawan dan Kepala Kemenag Kota Padang, terlihat antusias menabuh beduk.

Kecamatan Padang Timur mengambil "star pertama" pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan tahun ini di Kota Padang. Hal ini membuktikan kesiapan kecamatan yang baru saja beralih nakhoda dari Rachmadeni ke Ances Kurniawan ini untuk membesut qori-qoriahnya berkompetisi di MTQ tingkat kota nantinya.

Walikota Mahyeldi menilai, kesiapan seluruh kecamatan melaksanakan MTQ menjadi modal dalam pelaksanaan di tingkat kota. Sebab, qori-qoriah terbaik dari ajang MTQ Kecamatan sudah terseleksi dan kembali ditraining menghadapi MTQ tingkat kota.

"Dari ajang MTQ ini kita akan mendapatkan qori-qoriah terbaik yang akan mewakili kecamatan masing-masing di tingkat kota. Sekaligus kita harapkan akan lahir qori asal Kota Padang yang mampu berbicara di tingkat nasional maupun internasional nantinya," kata Mahyeldi.

Untuk itu, Mahyeldi menekankan, panitia kecamatan agar betul-betul fair dan selektif menentukan qori yang ikut dengan memprioritaskan qori lokal. "Utamakan qori lokal, jangan sampai memakai qori dari luar kecamatannya apalagi dari luar Kota Padang. Sebab, kita juga perlu mengukur kualitas kita sendiri sejauh mana kemampuan qori dan qoriah kita," tekannya.

Sementara itu, Camat Ances Kurniawan menyebutkan, tuan rumah MTQ Kecamatan Padang Timur tahun ini adalah Kelurahan Simpang Haru yang dipusatkan di Masjid Nurul Amin. Diikuti oleh 260 qori-qoriah dari 10 kelurahan dengan 6 cabang lomba.

Camat Ances menambahkan, bila Padang Timur lima tahun sebelumnya pernah meraih Juara Umum MTQ tingkat Kota Padang, maka pada MTQ tingkat Kota tahun ini gelar itu akan diusahakan diraih kembali. "Kita ingin qori-qoriah Padang Timur kembali mempersembahkan gelar juara umum MTQ Kota Padang. Untuk itu, dari pelaksanaan MTQ Kecamatan ini mulai kita persiapkan qori-qori terbaik yang akan mewakili Padang Timur," ujar Ances.

Sebelumnya, pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Padang Timur ini didahului dengan pelaksanaan pawai ta'ruf yang diikuti ribuan santri dari sepuluh kelurahan. Pawai dilepas oleh Camat bersama Muspika (Danramil dan Kapolsek). Pawai ta'ruf berlangsung meriah diringi marching band dan berbagai alat musik yang dimainkan peserta. Terlihat juga miniatur masjid dan replika kitab suci Al quran yang berukuran besar. (DU)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/