Home  /  Berita  /  Ekonomi

Terus Dibenahi Pasca Kebakaran, Pasar Lubuk Buaya Akan Ramai 24 Jam

Terus Dibenahi Pasca Kebakaran, Pasar Lubuk Buaya Akan Ramai 24 Jam
Wako Padang H. Mahyeldi naik mesin penggiling jalan di Pasar Lubuk Buaya. (Humas)
Minggu, 31 Januari 2016 06:15 WIB

PADANG – Usai pindahnya seluruh pedagang ke lantai dua Pasar Lubuk Buaya, praktis pelataran depan pasar kosong melompong. Pelataran depan ini segera dibenahi sehingga nantinya menjadi tempat parkir bagi kendaraan yang datang.

Sabtu (30/1/2016) pagi kemarin, alat berat Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang melakukan pengerukan di pelataran depan Pasar Lubuk Buaya. Tiga alat berat langsung diturunkan ke lokasi, mengeruk dan menimbun untuk kemudian dilakukan pengaspalan. Pengerjaan ini ditinjau langsung Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo.

Walikota mengatakan pengerjaan merapikan pelataran ini dimulai Sabtu (30/1) dan diestimasi akan selesai beberapa hari ke depan. Setelah selesai nantinya pelataran tersebut dapat digunakan sebagai tempat parkir sehingga tidak lagi mengganggu jalan raya dan menjadi penyebab kemacetan selama ini.

Apabila semua berjalan sesuai rencana, Walikota meyakini Pasar Lubuk Buaya akan ramai selama 24 jam. Sebab, selain digunakan sebagai tempat parkir, pada Sabtu malam atau malam menjelang libur, pelataran parkir ini juga dapat digunakan sebagai tempat mengadakan pasar malam. Sehingga Pasar Lubuk Buaya ramai dari pagi hingga esok paginya lagi.

“Selain mengadakan pasar malam, nanti bisa juga menampilkan kesenian daerah seperti saluang, rabab dan lainnya. Atau bisa juga mengadakan nonton bareng sepakbola maupun pemutaran film layar tancap oleh mobil penerangan. Dengan ini pasar akan ramai 24 jam dan lebih optimal, pedagang juga dapat berdagang seharian penuh,” kata Mahyeldi.

Walikota menyebut, pada intinya Pemerintah Kota Padang akan memfasilitasi pedagang untuk lebih baik lagi. Walikota menginginkan dalam pembangunan yang dilakukan Pemko Padang, masyarakat akan terus dilibatkan.

“Karena pembangunan bukan milik pemerintah, akan tetapi milik bersama,” tegas Walikota.

Walikota mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pedagang Pasar Lubuk Buaya yang telah kooperatif dan mau membongkar sendiri bangunannya. Mahyeldi juga mengapresiasi seluruh pedagang yang sepakat untuk bersama-sama pindah ke lantai dua.

“Dengan pindahnya pedagang, warga yang belanja tak perlu becek-becek lagi di tempat bagus,” katanya.

Sementara, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, Hendri Viton mengatakan pengaspalan pelataran dikerjakan mulai Sabtu (30/1) ini. Sesuai sketsa Dinas Pasar Kota Padang, pengaspalan pelataran pasar akan dilakukan di bagian tengah. Sedang di sisi depan dan samping nantinya akan dibangun taman dan ram yang dikerjakan oleh Dinas Pasar.

“Pengaspalan ini memakan biaya kurang dari Rp 200 juta dengan estimasi waktu pengerjaan dua minggu paling lama,” terangnya. (Hms/Charlie/Yurizal/Mursalim)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, Pemerintahan, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/