Kamis, 28 Januari 2016 06:36 WIB

Sail Komodo 2016 Dipusatkan di Mentawai, Angkatan Laut 33 Negara Siap Mengikutinya

Penulis: Calva
gosumbarcom_3q3ba_2299.jpg
Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek berbicara dengan Walikota Padang H. Mahyeldi.

PADANG - Sumatera Barat (Sumbar) dipercaya pemerintah pusat menjadi pusat latihan perang dari berbagai angkatan laut negara di dunia. 33 negara terlibat selama empat hari latihan bersama digelar. Danlantamal II Teluk Bayur, Laksamana Pertama Dindin Kurnadi pmengatakan, dari 33 negara tersebut akan mengirim angkatan laut dari masing-masing tersebut, berikut alat utama sistem pertahanan (Alutsista) dalam dan luar negeri.

Latihan bersama ini dipadukan dalam agenda utama Sail Komodo 2016 berlangsung dari tanggal 12-16 April 2016. Latihan bersama di pusatkan di Kepulauan Mentawai.

“Dijadwalkan pembukaan Sail Komodo 2016 dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo,” kata Dindin Kurnadi di sela-sela rapat persiapan Sail Komodo, di Auditorium Gubernur Sumbar, Rabu (27/1/2016).

Sejumlah rangkaian kegiatan Sail Komodo 2016, juga digelar festival kuliner dan berbagi ide dan berbagi penelitian berikut kegiatan ilmiah, seperti seminar dan diskusi.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar, Reydonnyzar Moenek mengatakan kegiatan tersebut sangat menguntungkan bagi Sumbar. Salahsatu dampaknya, Sumbar ramai dikunjungi wisatawan dan sektor perekonomian akan bergerak.

“Jelas, dampak positifnya sangat besar, mulai dari pengetahuan dunia kemaritiman, sampai menunjang pariwisata kita,” kata Reydonnyzar Moenek.

Jelang kegiatan dilaksanakan, Pemprov Sumbar sudah mulai mempersiapkan diri salahsatunya berkoordinasi dengan berbagai unsur terlibat, baik Forum Komunikasi Pemimpinan Daerah dan Kota Padang.

Latihan bersama angkatan laut dari 33 negara yang dipusatkan di Mentawai, antara lain dari Inggris, Amerika Serikat, China, Australia, Brunai Darusallam. Selain itu juga negara-negara yang tergabung dalam Indian Ocean Rim Association (IORA). (***)

Loading...
Terpopuler 24 Jam Terakhir
Loading...