Home  /  Berita  /  Pemerintahan

UNAND Berencana Buka Prodi S1 Farmasi di Kampus II Payakumbuh

UNAND Berencana Buka Prodi S1 Farmasi di Kampus II Payakumbuh
Wakil Walikota Suwandel Muchtar mengadakan Pertemuan pihak Unand dengan Pemko Payakumbuh(f/humas)
Selasa, 12 Januari 2016 19:46 WIB
Penulis: M.Siebert
PAYAKUMBUH-Kabar gembira bagi pelajar Luhak Nan Bungsu, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Kampus II Universitas Andalas di Payakumbuh, akan membuka program studi (prodi) baru. Jika disupport pemko, direncanakan tahun akademis 2016/2017 akan menerima mahasiswa baru.

Prodi baru yang akan dibuka itu, S1 Farmasi. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan pihak Unand dengan Pemko Payakumbuh, di aula Balaikota di Bukik Sibaluik, Kamis (7/1). Sebelumnya, Unand Kampus II telah memiliki dua Prodi, Ekonomi dan Peternakan.

Tim Unand yang datang terdiri dari Dekan Fakultas Farmasi Unand Prof. Dr. Helmi Arifin, MS Apt, Wakil Dekan III Dr. Erizal, Msi Apt, Ketua Panitia Pembukaan Prodi Kampus II Payakumbuh, Dr. Yufri Aldi, Msi Apt, dan Kabag Tenaga Akademik, Drs. Tamsir, MM. Sedangkan, dari pemko langsung dipimpin Wawako Suwandel Mukhtar, bersama Asisten III Iqbal Bermawi, Kepala Bappeda Ridha Ananda, Kepala Disdik Hasan Basri Sy, serta Kabag Kesra Defitra

Ketua Panitia Prodi Farmasi, Yufri Aldi mengatakan, rencana pembukaan Prodi Farmasi, sudah pernah dibincangkan kedua pihak Maret 2013. Namun, karena keterbatasan financial daerah, rencananya ini hingga sekarang masih belum terwujud. Pihak Unand siap menerima mahasiswa Farmasi tahun akademis nanti, jika pemko sepakat untuk memenuhi sejumlah fasilitas buat kebutuhan prodi dimaksud. Di antaranya, penyediaan sarana dan prasarana labor, peralatan kantor, serta peralatan penunjang perkuliahan, kata Yufri.

Menurut Yufri, Program Studi Farmasi telah memiliki akreditasi A, berdasarkan Surat Keputusan BAN PT No. 030/Ban-PT/Ak-XV/S/I/2013. Jika prodi itu terwujud, diyakini Unand Kampus II akan menjadi tujuan pendidikan bagi pelajar dari berbagai provinsi. Dampak lainnya, kota Payakumbuh akan semakin dikenal di Tanah Air.

Menyikapi keinginan Unand itu, Wawako Suwandel Muchtar, menyatakan akan memberikan dukungan dengan rencana membuka Prodi Farmasi itu. Persoalan ini, akan kami bicarakan dengan SKPD terkait dan DPRD. Kita juga akan mensosialisasikan kepada seluruh SLTA di kota ini, katanya.

Ke depan, kerjasama Pemko dengan Unand akan mencakup ke berbagai sektor lainnya, tidak terbatas pada bidang pendidikan saja. Namun juga akan meluas pada bidang kesehatan dan penelitian. Mahasiswa Farmasi akan dapat magang pada rumah sakit, puskesmas dan Dinas Kesehatan Payakumbuh. Wawako meminta, Bappeda segera membuat MoU dengan Unand, agar rencana penambahan Prodi Farmasi tersebut segera terealisir, tegasnya.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/